Selasa, 08 Mei 2018 08:30 WITA

Ini Tips Hadapi Emak Bikers yang Lampu Sein ke Kiri tapi Belok Kanan

Editor: Aswad Syam
Ini Tips Hadapi Emak Bikers yang Lampu Sein ke Kiri tapi Belok Kanan
Emak-emak bawa motor, sein ke kiri, belok kanan.

RAKYATKU.COM - "Pernah digoda (kesal) karena motor alay? atau misalnya ibu-ibu yang naik motor pakai sein kiri tetapi belok kanan," tanya Edo Rusyanto, pegiat keselamatan jalan raya.

Persoalan seperti ini adalah persoalan sehari-hari yang tidak terhindarkan. Namun, bagi Edo, pihaknya punya sejumlah kiat atau tips agar tetap berkonsentrasi dalam mengendarai sepeda motor.

Pasalnya, konsentrasi adalah hal penting dalam mengendari sepeda motor karena, seperti diistilahkannya, dengan "full-time job".

"Ini akar persoalannya. Kami menyebutnya, emosi yang merusak konsentrasi. Naik motor adalah full-time job," ujar Edo.

Apa yang harus dilakukan ketika melihat hal-hal seperti dua contoh di atas, kagok dengan motor alay atau ibu-ibu yang naik motor pakai sein kiri tetapi belok kanan?

"Coba saja kita latih, bisa mengurangi emosi yang merusak konsentrasi, kita latih berpikir positif. Misalnya kita berhadapan dengan ibu-ibu yang seinnya ke kiri tetapi belok ke kanan. Nah, mari kita berpikir positif, mungkin dia lupa, mungkin dia lelah. Santai saja, tidak usah emosi."

Satu langkah lagi adalah memanfaatkan proses meredakan waktu dalam hitungan tertentu. Menurut Edo, yang diperlukan adalah berhenti lalu bernapas teratur selama 4-5 detik.

"Usahakan 4-5 detik menarik napas. Ini cara menghindari yang namanya merusak konsentrasi. Coba tarik napas, 1-2-3-4... pasti emosinya bisa berkurang," ujarnya.