Selasa, 08 Mei 2018 16:02 WITA

Untung-Rugi Beli Mobil Bekas atau Baru untuk Mudik

Editor: Adil Patawai Anar
Untung-Rugi Beli Mobil Bekas atau Baru untuk Mudik

RAKATKU.COM - Berencana beli mobil buat mudik lebaran ini? Pertimbangannya mesti matang karena pastinya membeli mobil berarti mengeluarkan uang yang tidak sedikit.

Pilihannya pun bisa beli mobil baru atau bekas. Masing-masing ada untung dan ruginya. Kalau mau tahu lebih jauh, lihat sepuluh keuntungan dan kerugiaannya di bawah ini.

1. Budget
Dilansir otosia.com, membeli mobil baru atau bekas, kedua-duanya tentu berpaku pada seberapa besar uang yang sudah kita persiapkan. Kalau budget memadai, maka mobil baru bisa jadi pilihan. Namun jika budget terbatas, maka kendaraan second juga tersedia di gerai-gerai. Keduanya pun sama-sama bisa dicicil.

2. Pilihan terbatas
Jika membeli mobil tergantung budget, maka pilihannya bisa disesuaikan dengan segmen yang disasar. Jika daya beli di rentang Rp 100 juta sampai Rp 200 juta, pilihannya adalah mobil baru kelas low, mulai dari low MPV, city car, hingga LCGC. Namun jika memilih mobil bekas, maka budget sebesar itu mungkin punya lebih banyak pilihan.

3. Mobil baru, terlambat dikirim
Bukan berarti beli mobil baru maka semua beres. Salah satu problem yang mungkin terjadi adalah soal timing atau waktu yang kurang perhitungan. Mau model tertentu, warna tertentu, dan belinya tidak ready stock. Terlebih lagi, pegawai dealer atau ekspedisi juga terlanjur cuti. Yang ada, mobil baru malah terlambat dikirim dan musim libur lebaran keburu lewat. Untuk itu, waktu pemesanan juga perlu diperhatikan, dan tentu harus realistis.

4. Mobil bekas, perawatannya harus jelas
Momok saat membeli mobil bekas adalah kondisinya. Apakah mobil ini siap diajak jalan jauh seperti untuk libur lebaran ke kampung halaman? Cara simpelnya mungkin pilih dealer-dealer yang sudah terpercaya dan punya jaminan. Beli mobil second pun harus dicoba supaya tahu sekilas apa yang kurang. Kalau kurang paham, coba ajak mekanik.

5. Servis pertama bisa lewat
Membeli mobil baru buat mudik, jangan lupa bahwa terdapat aturan untuk melakukan servis 1.000 km pertama. Dalam skemanya, aturan ini diberlakukan salah satunya karena mobil mungkin sudah lama di area penyimpanan dan pelumas pun sudah teroksidasi. Apalagi saat mudik. Jarak tempuh itu bisa terlampaui, dan artinya jadwal servis pertama bisa lewat. Maka dari itu, setelah mobil datang, sebaiknya langsung diservis khususnya ganti oli.

6. Mobil bekas bukan bekas kecelakaan dan banjir
Ini adalah dua poin penting yang dihindari saat membeli mobil bekas. Pasalnya, kecelakaan bisa saja mengubah struktur rangka bodi mobil dan membuat lajunya tidak stabil. Lalu mobil bekas banjir bisa berarti membawa karat di dalam bodi dan merusak kelistrikan. Selain mencari jaminan bebas dua hal tersebut, mengecek kondisi lantai hingga kolong bodi adalah sejumlah hal simpel yang bisa dilakukan.

7. Mobil bekas, surat-surat harus jelas
Mobil second tarikan leasing apalagi mobil sengketa bukan tidak mungkin beredar di pasaran. Biasanya, surat-suratnya tidak jelas, dan pembeli bisa terlibat masalah hukum gara-gara beli mobil semacam ini. Di samping itu, mobil pun akan sulit untuk dijual kembali.

8. Cari kenyamanan
Faktor kenyamanan adalah hal penting saat mudik. Waktu perjalanan tidak sebentar dan badan para penumpangnya akan ditantang untuk pegal-pegal. Makanya mobil yang nyaman bisa jadi pilihan. Contohnya dalam hal kenyamanan duduk yang didukung jok empuk, bodi kedap, dan AC memadai. Hal-hal ini bisa ditemui di mobil mewah, yang kalau terbatas budget maka pilihannya bisa jatuh ke mobil-mobil second.

9. Hemat BBM
Hemat bahan bakar minyak atau BBM juga bisa jadi pertimbangan saat memilih kendaraan pribadi untuk mudik. Perjalanan jauh dan rentan macet membuat konsumsi bensin begitu ditantang. Kebanyakan mobil modern keluaran terbaru sudah memperhatikan unsur satu ini. Namun di pasaran mobil bekas, bukan tidak mungkin mobil dengan bentuk yang keren jadi pertimbangan utama, tetapi lupa bahwa mesinnya terkenal boros bensin. Kalau sudah begitu, artinya budget mudik bisa membengkak.

10. Perawatan di kampung halaman
Mobil second ataupun baru bisa saja mengalami kendala teknis di perjalanan. Untuk itu, pertimbangkanlah mobil yang suku cadangnya juga tersedia di daerah. Pasalnya, harga perbaikan di kota dan di daerah bisa berbeda jauh, apalagi jika suku cadangnya harus pesan dulu.