Selasa, 15 Mei 2018 06:30 WITA

Awalnya, Pabrikan Kondang Ini Tak Produksi Mobil

Editor: Aswad Syam
Awalnya, Pabrikan Kondang Ini Tak Produksi Mobil
Ilustrasi

RAKYATKU.COM - Sekarang telah banyak pabrikan mobil terkenal. Mereka memiliki keunggulan dan ciri khasnya masing-masing. Bahkan, ada yang menjual produknya dengan harga selangit, tapi tetap saja laku.

Ternyata, dari beberapa pabrikan terkenal, mereka tidak mengawali karier sebagai pabrik mobil. Lantas, apa saja brand tersebut?

Dilansir dari TopGear Filipina, berikut 3 pabrikan mobil yang tak mengawali kariernya sebagai produsen roda empat:

1. Hyundai

Salah satu pabrikan besar asal Korea Selatan, Hyundai, ternyata mulanya berdiri sebagai firma yang bergerak di bidang konstruksi. Bernama Hyundai Engineering and Construction Company, perusahaan kecil ini didirikan pada tahun 1947.

Berselang 20 tahun, berdirilah Hyundai Motor Company pada 1967. Setahun kemudian, 1968, mereka menggandeng Ford Motor Company dan berhasil merilis mobil pertama bernama Cortina. Hyundai pun akhirnya berdiri sendiri pada tahun 1974.

2. Toyota

Di Indonesia, nama Toyota cukup terkenal dengan kehadiran mobil sejuta umat, Avanza. Rupanya, pabrikan asal Jepang ini awalnya ialah produsen mesin tenun yang didirikan oleh Sakichi Toyoda pada 1924.

Barulah pada 1933, anak Sakichi, Kiichiro Toyoda, memimpin divisi baru yang memproduksi mobil. Akhirnya, 3 tahun kemudian, dirilislah mobil penumpang pertama bernama Model AA pada 1936.

3. Peugeot

Pabrikan asal Prancis, Peugeot, pun tak mengawali bisnisnya di ranah otomotif. Awalnya, perusahaan keluarga ini merupakan produsen penggiling garam, merica, dan kopi. Usaha tersebut bahkan masih ada sampai sekarang.

Armand Peugeot dan Leon Serpollet berhasil mengembangkan bisnis keluarga mereka, setelah merilis mobil pertama pada 1889. Kini, salah satu produknya yang terkenal ialah Peugeot RCZ.