Selasa, 22 Mei 2018 06:30 WITA

Waspada Keropos Lewat Pori-pori Bodi Mobil

Editor: Aswad Syam
Waspada Keropos Lewat Pori-pori Bodi Mobil
Ilustrasi mobil keropos

RAKYATKU.COM - Melihat kilap bodi setelah diberi cairan pembersih memang menyenangkan. Namun, di balik itu, ada bahaya mengintai, terutama ketika kita tidak memahami dengan baik terhadap kandungan zat yang digunakan.

Alfons S, Marketing Product PT Altama Surya Arsa, yang memasarkan pelumas pembersih merek Rexco, mewanti-wanti bahwa bagaimanapun suatu logam, termasuk bodi mobil, memiliki pori-pori. Itu menjadi akses bagi karat.

"Kalau kita pakai poles, kita harus tahu bahan kimia apa yang kita pakai. Kalau sembarangan, bahan kimia itu akan masuk ke pori-pori. Akhirnya apa? Lama-lama keropos. Mobil akan rusak dari dalam. Akan tetapi, kalau pakai Rexco, akan jauh dari karat, korosi," ujarnya.

Alfons S memang sedang memasarkan produk Rexco. Akan tetapi, produk ini ia pasarkan dengan catatan sudah diuji langsung, bahkan oleh dirinya sendiri.

Bicara soal karat, Alfons menguji salah satu produknya, Rexco 50, langsung pada sebuah mesin kapal yang sudah tua. Kondisi alam pun memperparah kondisi karat pada baut yang terdapat di mesin tersebut.

"Bukan diuji untuk buka baut di rumah atau di mobil, tetapi saya cari galangan kapal, mesin bekas. Di situlah saya cek produk untuk buka baut. Ya kebayang kan ya, di galangan kapal, dekat laut, mesin udah gak pernah dipakai, karatnya sudah parah," kata Alfons.

Baut itu sendiri berada pada mesin yang sudah selama 14 tahun tidak digunakan dan bahkan tidak mau lepas, sekalipun menggunakan cairan bermerek yang lazim terkenal super di kalangan masyarakat.

"Saya berhasil buka di mesin yang sudah ada di pinggir pantai selama 14 tahun. Bautnya itu belum pernah dibuka selama 14 tahun. Pakai cairan anti karat biasa aja gak bisa, pakai merek lain gak bisa. Awalnya pun (dengan Rexco) tidak langsung bisa, tetapi setelah usaha kedua akhirnya bisa Jadi benar-benar. Intinya, produk ini kami tes dulu sebelum luncur," tambahnya.

Rexco yang dimaksud merupakan pelumas/cairan serbaguna. Tidak hanya untuk kepala aki, produk Rexco juga bisa digunakan sebagai perontok karat, termasuk pada rantai sepeda mesin dan baut-mur yang macet.

Ada Rexco 50, Rexco 25, dan Rexco 18, yang masing-masing memiliki kandungan formula dari Amerika Serikat dengan melalui tahap pengujian ketat sebelum dipasarkan.