Sabtu, 26 Mei 2018 16:28 WITA

Mengoles Air Liur ke Pentil Ban Ternyata Punya Manfaat Penting

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Mengoles Air Liur ke Pentil Ban Ternyata Punya Manfaat Penting

RAKYATKU.COM - Di antara Anda pasti pernah melihat atau bahkan melakukan sendiri mengoles air liur ke pentil ban setelah mengisi ban.

Ini bisa dibilang kebiasaan yang 'turun menurun'. Nah tahu tidak apa kegunaannya air liur yang dioles ke pentil ban? Ternyata, hal yang dilakukan itu punya manfaat besar lho.

Mengoles air liur ke pentil ban ternyata ada tujuannya. Hal itu dijelaskan oleh Sony Susmana selaku Direktur Safety Defensive Consultant Indonesia.

"Paling gampang ngecek bocor halus dari pemasangan mata pentil dengan media cairan yang sedikit kental atau berbuih seperti air sabun atau yang paling mudah didapat ya air liur," kata Sony Susmana, dilansir laman Otomania, Sabtu (26/5/2018).

Dia pun menambahkan bahwa hal tersebut dianggap jorok oleh sebagian orang. Menurutnya, air ludah itu berguna buat pentilnya biar mampet.

Air ludah bisa menahan angin agar tidak bocor dari sela-sela pentil. Tukang ban biasanya mengoleskan air liur di pentil yang tidak menggunakan tutup.

Namun, ada juga yang tidak mau ambil pusing dengan mengoleskan air liur ke tiap pentil ban kendaraan yang mengisi angin, meskipun telah memiliki tutup.