Selasa, 12 Juni 2018 07:35 WITA

Mudik Bawa Banyak Barang? Jangan Lupa Kencangkan 'Sabuk'

Editor: Aswad Syam
Mudik Bawa Banyak Barang? Jangan Lupa Kencangkan 'Sabuk'
ilustrasi

RAKYATKU.COM - Lebaran sudah ada di depan mata, dan saat inilah arus mudik terus mengalir dari berbagai kota ke kota lainnya. Ketika Anda dalam perjalanan dan membawa banyak barang, jangan sampai melupakan kekencangan "sabuk".

Bukan cuma sabuk celana atau sabuk keselamatan saja, tapi juga sabuk atau tali yang mengikat barang bawaan Anda. Jika Anda menggunakan roof rail, cobalah tarik lagi atau guncang-guncang lagi muatan Anda apakah masih goyang atau aman dan tidak akan jatuh.

Jika menggunakan pick-up terbuka, pastikan tidak ada orang di bak belakang, karena hal itu melanggar peraturan jalan raya. Dan perlu diingat lagi, ketika membawa muatan yang mudah jatuh dan membutuhkan tali lebih banyak, cobalah cek lagi apakah masih kendur dan berkemungkinan jatuh.

Kencangnya ikatan sabuk atau tali tersebut berfungsi sangat vital, karena jika saja jatuh di tengah-tengah arus kendaraan yang padat, tentunya akan mengancam keselamatan pengguna jalan lain.

Seperti rekaman video di bawah. Sebuah mobil yang kurang hati-hati dalam mengaitkan gulungan busa besar, membuatnya terjatuh dan akhirnya mencelakakan pengendara motor. Padahal pemotor tersebut melaju di trek yang benar dan gara-gara keteledoran pengemudi mobil, kecelakaan fatal pun terjadi.