Selasa, 19 Juni 2018 07:36 WITA

Mobil Otonom Juga Butuh Sopir, Ini Alasannya

Editor: Aswad Syam
Mobil Otonom Juga Butuh Sopir, Ini Alasannya
Tesla mode otomatis, tak bisa melewati bus double decker.

RAKYATKU.COM - Pada 2017 lalu, sudah banyak mobil-mobil otonom yang dirilis di dunia. Namun hanya karena fungsinya otomatis, bukan berarti kendaraan tersebut tidak memerlukan sopir lagi. 

Mobil bersopir otomatis masih membutuhkan bantuan dari sang pengemudi apabila ada hal yang benar-benar gawat.

Salah satunya yang terjadi di Tionghoa. Ketika sebuah Tesla Model X hendak melintasi sebuah bus yang datang dari arah berlawanan. Namun, karena kendaraan itu ada dalam keadaan otomatis, bukannya melewati bus tersebut, malah melakukan manuver-manuver yang sangat aneh.

Dari informasi yang dirilis oleh carscoops.com, Tesla Model X dengan ukurannya yang besar itu, hampir sulit melalui bus double decker yang lebarnya hampir menutupi jalur jembatan yang sangat sulit di situ. 

Telah banyak manuver dilakukan, hingga seorang pengguna jalan di belakangnya keluar dan mengingatkan pengguna mobil itu untuk gunakan mode manual.

Setelah mengaktifkan mode manual, akhirnya pengemudi Tesla Model X itu berhasil melewati bus tersebut. Benar-benar hal yang agak kocak, karena jika saja sang sopir mengaktifkan mode tersebut saat pertama kali mencoba melalui bus tersebut, pasti dia sudah keluar lebih dulu.

Selain melakukan manuver-manuver yang aneh akibat sensor mobilnya yang masih pada mode otomatis, sang sopir juga menyebabkan jalan hampir lumpuh total dan penuh dengan kemacetan. Beruntungnya, hal tersebut tidak berlangsung lama. Maka dari itu, seorang sopir masih dibutuhkan dalam sebuah mobil otonom untuk menjamim perjalanan yang aman dan lancar.