Jumat, 22 Juni 2018 06:00 WITA

Bukan Jepang, Bukan Pula AS, Ini Negara Pabrikan Mobil Terbaik Dunia

Editor: Nur Hidayat Said
Bukan Jepang, Bukan Pula AS, Ini Negara Pabrikan Mobil Terbaik Dunia
Kia jadi salah satu produsen mobil terbaik dunia menurut JD Power.

RAKYATKU.COM - J.D. Power merilis hasil penelitiannya yang bertajuk Initial Quality Study. Diberitakan Otosia mengutip Carscoops, riset ini dilakukan untuk menentukan kualitas pabrikan mobil dunia berdasarkan permasalahan yang muncul dari 100 mobil baru selama 90 hari kepemilikan.

Riset tersebut menunjukkan ada peningkatan kualitas selama empat tahun terakhir. Bahkan, J.D. Power Vice President of Global Automotive, Dave Sargent, menyatakan berbagai industri mobil telah melakukan pekerjaan terbaik dengan mendengarkan konsumen mereka dan memiliki produk berkualitas.

Menariknya, berdasarkan riset tersebut, posisi tiga teratas justru dihuni oleh pabrikan asal Korea Selatan, yaitu Genesis, Kia, dan Hyundai. Sementara di bawahnya, terdapat Porsche, Ford, dan Chevrolet.

Posisi terbawah dihuni oleh Land Rover dengan 160 permasalahan pada 100 mobilnya dalam 90 hari kepemilikan. Sebagai perbandingan, rata-rata pabrikan hanya memiliki 93 permasalahan pada jangka waktu yang sama. Tepat di atasnya ada pabrikan Eropa lainnya Jaguar dan Volvo.

Tidak semua mobil memiliki kualitas yang sama meski berasal dari satu pabrikan. Hal itu terlihat dari industri yang berada di bawah rata-rata, tetapi beberapa produknya menjadi yang terbaik.

Bukan Jepang, Bukan Pula AS, Ini Negara Pabrikan Mobil Terbaik Dunia

Kia Rio menjadi yang terbaik di kelas mobil kecil, sedangkan mobil kompak justru dihuni oleh Toyota Corolla. Di sektor mobil mewah Acura ILX dan BMW 4-series menuai nilai tertinggi.

Posisi teratas sedan mid-size diisi oleh Nissan Altima, sedangkan premium mid-size terbaik jatuh kepada Lincoln Continental. Nissan kembali menjadi yang terbaik di sektor mobil besar dengan produknya, Nissan Maxima. Untuk kelas premium, Genesis G90 berhasil mengalahkan BMW 7-series dan Mercedes-Benz S-Class.