Selasa, 26 Juni 2018 08:32 WITA

Ini 11 Titik Pemeriksaan Mobil Anda Pasca Mudik

Editor: Aswad Syam
Ini 11 Titik Pemeriksaan Mobil Anda Pasca Mudik
Ilustrasi

RAKYATKU.COM - Jutaan orang berbondong-bondong pulang kampung saat menjelang lebaran. Segala persiapan untuk mudik dengan perjalanan jauh telah disiapkan. Demi alasan efisiensi tak jarang para pemudik memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi.

Perjalanan mudik yang menghabiskan waktu berjam-jam hingga sampai ke kampung halaman, mengharuskan pemudik untuk kembali mengecek kondisi kendaraan pribadinya, agar tetap prima setelah mudik usai.

Dilansir dari otosia.com, gerai penjualan sukucadang dan perawatan ringan kendaraan Shop&Drive memberikan beberapa kiat terkait pemeriksaan mobil usai digunakan mudik.

Shop&Drive menerapkan 11 poin pemeriksaan, yang dapat membantu dan memudahkan pemudik memeriksa kendaraannya setelah melakukan perjalanan jauh:

1. Oli mesin, transmisi, gardan
Mobil yang digunakan pada saat mudik tentunya telah mengalami gesekan antar komponen. Mengecek hingga mengganti oli mobil setelah melakukan perjalanan mudik, adalah salah satu cara untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan setelah kondisi perjalanan.

2. Kelistrikan dan air aki
Sangat penting melakukan pengecekan kelistrikan setelah melakukan perjalanan mudik, karena dengan begitu kita dapat mengetahui besarnya arus yang masuk, hingga ada atau tidaknya kebocoran arus yang dapat membuat aki tidak dapat menyimpan listrik dalam waktu yang lama. Air aki juga tidak boleh luput dari pengecekan karena jika kering akan merusak komponen lain di dalam kendaraan.

3. Filter udara dibersihkan
Filter udara penting untuk dibersihkan untuk mencegah tarikan mesin berkurang, bahan bakar lebih boros, suara mesin kasar, dan mesin ngadat.

4. Tekanan angin
Pengecekan tekanan angin dapat mencegah ban pecah secara tiba-tiba. Selain itu setelah perjalanan mudik usai, tekanan angin yang sesuai dapat menjaga jarak pengereman yang lebih baik, menciptakan kestabilan mengemudi pada kecepatan tinggi ataupun tikungan, daya tahan ban yang lebih baik, dan juga dapat menghemat bahan bakar.

5. Air radiator
Peran air radiator sangat vital terhadap sistem pendinginan mesin untuk menjaga komponen radiator, agar tidak kekurangan air, yang bertujuan untuk mencegah mesin panas atau overheat, maka jangan mengabaikan juga komponen ini.

6. Kondisi wiper blade
Wiper butuh pengecekan rutin melihat fungsinya yang sangat penting untuk membersihkan kaca mobil dari segala kotoran, yang menempel agar pandangan pengemudi jernih dan tidak terganggu.

7.Shock absorber
Shock absorber merupakan komponen pada kendaraan yang berfungsi untuk menyerap guncangan yang timbul saat kendaraan melewati gundukan atau lubang, terlebih lagi di jalanan yang tidak bisa diduga pada perjalanan mudik. Maka dari itu, perlu dilakukan pengecekan, agar pengemudi selalu merasa nyaman setelah melakukan perjalanan usai mudik.

8. Minyak rem dan minyak kopling
Rem merupakan hal yang vital selama berkendara, maka perlu dilakukan pengecekan, terutama pada minyak rem, karena minyak rem yang kotor dapat menurunkan fungsi kerja rem. Selain itu, minyak kopling pun tidak boleh diabaikan dari pengecekan, karena apabila minyak kopling bocor, mobil juga tidak akan memiliki tekanan yang cukup untuk mengaplikasikan kopling dan memindahkan gigi transmisi.

9. Filter oli dan AC
Filter oli yang berfungsi menyaring kotoran pada oli, tidak boleh luput dari pengecekan setelah melakukan perjalanan mudik, agar perlindungan oli terhadap mesin bekerja maksimal dan juga membuat mesin terawat. Tidak hanya itu, filter AC juga wajib diperiksa agar dapat menyaring udara kotor yang dapat menimbulkan penyakit dalam jangka panjang.

10. Sistem penerangan dan lampu
Kemudian cek kondisi lampu mobil apakah masih layak digunakan atau tidak. Meski terlihat sepele, lampu utama maupun lampu sein memiliki arti penting di perjalanan. Periksa kembali sistem kelistrikannya, terutama sambungan kabel dan kondisi kabel, serta bohlamnya.

11. Semir ban
Dengan menyemir ban mobil secara rutin, akan membantu membersihkan ban dari kotoran yang membandel, membuat ban tampak seperti baru sesuai warna karet ban asli, dan tentu saja dapat memberikan perawatan agar ban tetap terjaga elastisitasnya sehingga kondisi ban tetap baik.