Selasa, 03 Juli 2018 08:03 WITA

Hati-hati, Ini 8 Penyebab Rem Blong

Editor: Aswad Syam
Hati-hati, Ini 8 Penyebab Rem Blong
Ilustrasi minyak rem

RAKYATKU.COM - Merawat mobil adalah hal yang penting, termasuk merawat semua komponennya. Jika tidak, jangan salah jika ada satu atau bebeberapa komponen yang rusak karena kurang perawatan.

Salah satunya, bisa membuat rem blong. Jika sudah begini, justru akan membahayakan pengendara.

Dikutip dari Bengkel Rotary Bintaro dan dilansir Otoasia.com, ada 8 penyebab rem blong akibat kurang perawatan.

1. Minyak Rem Habis
Minyak rem yang mulai habis tentu akan membuat rem mobil tidak bekerja maksimal. Mengapa? karena proses melajunya mobil dibantu oleh minyak rem.

Jika minyak rem mobil berkurang drastis setiap kali mobil dinyalakan, ini berarti ada sesuatu yang tidak beres. Segera lakukan pengecekan dan perbaikan.

2. Kanvas Rem Aus
Rem yang sudah aus biasanya ditandai dengan bunyi ngorok setiap menginjak rem. Akan tetapi, kanvas aus hanya terjadi pada mobil tertentu yang sudah dilengkapi plat indikator.

Kondisi kanvas rem yang aus sudah biasa terjadi. Hampir semua mobil berplat indikator mengalaminya. Hanya saja, tidak boleh membiarkan ini berlarut-larut. Segera ganti kanvas rem lama dengan kanvas rem baru.

3. Piston Rem Rusak
Piston yang rusak akan menyebabkan kinerja rem tidak maksimal. Hal ini karena piston tidak lagi dapat meneruskan tekanan hidraulis dari pedal, untuk menekan kanvas. Alhasil, sistem pengereman pun macet bahkan tidak dapat berfungsi lagi. Kerusakan pada piston rem biasanya ditandai dengan aus dan berkarat.

4. Seal Piston Master Silinder Rusak
Rusaknya seal piston master rem silinder biasanya disebabkan karena pemakaian rem yang sudah lama dan kualitas dari minyak rem yang tidak sesuai. Pemakaian minyak rem yang tidak berkualitas menjadi penyebab utama kerusakan pada rem mobil. Untuk itu, selalu gunakan minyak rem yang berkualitas dan sesuai dengan tipe dan merek kendaraanmu.

5. Sistem Pengereman Bocor
Ada dua tempat yang biasanya mengalami kebocoran, yaitu :

- Master rem, biasanya disebabkan karena penggunaan rem yang cukup lama. Apalagi jika rem sama sekali tidak diberi jeda waktu untuk beristirahat.

- Selang saluran rem, disebabkan karena penggunaannya yang cukup lama sehingga kinerja dan elastisitasnya berkurang.

6. Selang Oli Rem Tersumbat
Hal ini biasanya terjadi karena banyaknya kotoran yang masuk ke dalam minyak rem. Kotoran pada minyak rem biasanya terjadi saat mengisi minyak rem. Selain itu, kotoran juga bisa masuk dari tangki cadangan.

7. Minyak Rem Kotor
Rendahnya kualitas minyak rem juga menjadi penyebab kotornya minyak rem. Hal in karena minyak oli murahan sangat mudah mengendap dan hasil dari endapannya akan berubah menjadi puing-puing kotoran.

8. Vapour Lock
Vapour Lock merupakan suatu kondisi di mana terjadi penguapan pada minyak rem. Hal ini disebabkan karena mesin mobil yang terlalu panas, sehingga oli rem mendidih dan muncullah gelembung-gelembung udara pada sistem pengereman mobil. Gelembung udara ini nantinya akan mengendap dan kinerja mobil pun tak lagi maksimal.

Selain itu, kualitas minyak rem yang buruk juga bisa menyebabkan terjadinya kondisi ini.