Selasa, 10 Juli 2018 08:02 WITA

Teknik Dasar Pengereman Sepeda Motor

Editor: Aswad Syam
Teknik Dasar Pengereman Sepeda Motor
Ilustrasi

RAKYATKU.COM - Dalam mengendalikan kendaraan tidak pernah lepas dengan yang namanya rem, alat untuk menghentikan laju kendaraan. Pengereman merupakan salah satu bagian yang penting dalam berkendara.

Ada juga yang menganggap remeh dari sistem pengereman ini, tinggal menarik tuas pada rem depan atau menekan tuas dengan kaki kanan pada rem belakang, sebab pengereman bukan sekedar membuat motor berhenti.

Dilansir dari Otoasia, menggunakan teknik pengereman yang tidak tepat pada saat motor melaju, kadang justru bisa berakibat pada kecelakaan. Untuk itu perlu diketahui beberapa teknik mengerem yang aman.

Pada saat kita putuskan untuk mengerem, hal pertama yang harus kita lakukan adalah melepaskan putaran gas. Posisi tangan saat ini adalah menggenggam penuh grip gas.

Kemudian langkah berikutnya adalah tangan menarik tuas rem depan dengan cara diremas (seperti bersalaman) dan pada saat yang bersamaan kaki kanan memijak rem belakang sebagai penyeimbang. Pastikan posisi sepeda motor tegak (tidak miring) sehingga resiko tergelincir.

Untuk motor dengan kopling tangan, tepat saat sepeda motor akan berhenti, tarik tuas kopling sehingga mesin tidak mati dan turunkan kaki kiri saat berhenti.