Selasa, 17 Juli 2018 07:30 WITA

Jawaban Yamaha Saat Ditanya NMAX Hybrid

Editor: Adil Patawai Anar
Jawaban Yamaha Saat Ditanya NMAX Hybrid

RAKYATKU.COM - PCX Hybrid jadi hal baru di dunia sepeda motor Indonesia. Jika melihat pasarnya, ranahnya adalah motor skutik gede yang justru sudah diramaikan oleh Yamaha dengan berbagai model.

Apakah Yamaha kelak juga akan bermain di ranah skutik hybrid, terutama NMAC untuk berhadapan dengan PCX? Mereka menganggap bahwa hal tersebut untuk saat ini adalah persoalan persepsi.

"Apa sih sebenarnya fungsinya? Kalau jawabannya, lebih irit, bisa punya power, saya balikin, itu sama enggak sama VVA? Begitu saja," kata Yordan Satriadi, Asisten GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) dilansir otosia.com.

Untuk saat ini, istilah 'hybrid' memang terdengar seksi. Namun jika fungsinya sama, bisa dianggap pula bahwa ini adalah cara penamaan dari perusahaan.

Meski demikian, di sisi lain konsep hybrid adalah teknologi yang mengandalkan baterai di samping bensin.

"Kan beda-beda namanya. Kalau VVA tidak pakai baterai kan. Nanti mungkin kita perlu ada kelas khusus bedah teknologi Yamaha, VVA sama tetangga itu bedanya apa," kata dia.

Hybrid dan kendaraan listrik, kata dia, juga sudah sejak lama ada di Jepang. Namun perlu disikapi kritis kenapa teknologi itu tidak segera dimasukkan ke Indonesia dalam bentuk sepeda motor?

"Kita kembali bicara kulturnya. Pertama, banjir. Pemakai motor di Indonesia kalau banjir berhenti atau terabas? Terabas? Isunya motor seperti itu sensitif air. Memang ada proteksinya, tetapi tidak menutup kemungkinan kan. Kalau terabas terus, ya pasti bermasalah," ujarnya.

Persoalan lainnya adalah bagaimana mengubah kebiasaan para pemakai motor berteknologi tersebut saat mengisikan daya listrik ke kendaraannya.

"Charge cepat juga jadi persoalan. Kebiasaan di Indonesia, misalnya lupa, ngecharge HP jadi pakai powerbank. Kalau ini gimana? Nah hehehe. Masih soal habbit di Indonesia. Kalau soal regulasi, sekarang ini kan lagi tahap perkenalan (skuter listrik) belum langsung dijual," ujarnya.