Minggu, 22 Juli 2018 08:02 WITA

Switch Rem Juga Butuh Perhatian Lebih

Editor: Aswad Syam
Switch Rem Juga Butuh Perhatian Lebih
Switch rem

RAKYATKU.COM - Gara-gara switch handel rem depan tidak bekerja dengan maksimal, mengakibatkan bohlam lampu rem pun terus menyala, hal ini juga mengakibatkan panas pada bohlam dan membuat daya tahan bohlam tidak lama.

Suatu hari, Reksa melihat lampu belakang Honda Revo lansiran tahun 2013 terus menyala. Baru saja kunci kontak namun mesin belum dihidupkan, lampu stop Revo langsung menyala tanpa kedip sedikit pun.

Reksa langsung mencoba memeriksanya sendiri. Pertama, siswa salah satu SMK di Bekasi itu membuka sebagian cover bodi dan batok lampu Revo. Mau tak mau, Reksa harus merunut kabel mana yang menjadi penyebab bohlam terus menyala.

Pada awalnya Reksa mencoba membersihkan soket-soket kabel yang tersembunyi dengan menyemprotkan cairan anti karat. Namun bohlam lampu belakang masih saja terang benderang. Semua soket kabel yang berhubungan dengan kelistrikan sudah diperiksanya.

Namun, remaja berusia 17 tahun itu tidak berputus asa. Ia mencoba memeriksa switch handel rem depan, yang perkiraannya sebagai penyebab kerusakan pada lampu stop Revo.

Benar saja, setelah handel rem dibongkar, terus menyalanya bohlam lampu belakang diakibatkan kurang menempelnya antara handel dengan switch lampu rem. "Karena permukaan handel sudah aus, maka kurang menekan switch lampu, inilah yang membuat bohlam lampu terus menyala," ujar Reksa.

Setelah mengetahui penyebab kerusakan, Reksa pun membeli handel rem baru untuk mengganti handel yang sudah aus tersebut, dan memasangnya kembali. Alhasil, lampu rem belakang Revo pun kembali sempurna.