Minggu, 22 Juli 2018 07:26 WITA

Seringlah Congkel Kerikil di Kembang Ban,  Agar Awet

Editor: Aswad Syam
Seringlah Congkel Kerikil di Kembang Ban,  Agar Awet
ilustrasi

RAKYATKU.COM - Sering-seringlah mencongkel kerikil yang terselip pada patern atau kembangan ban, maka akan membuat umur pelapis karet pada velg ini lebih lama.

Sekali waktu, cobalah perhatikan kondisi ban mobil Anda, tentunya akan terlihat beberapa kerikil yang menyangkut pada alur kembangannya.

Menurut Andry Adam, Sales Training Manager PT Goodyear Indonesia, jika kerikil dibiarkan menempel di alur kembangan ban, maka, lama-lama kerikil akan menembus dan melubangi ban, sehingga ban akan bocor.


"Tekanan dari jalan terhadap permukaan telapak ban secara perlahan akan mendorong kerikil-kerikil tersebut menembus ke dalam ban, pastinya akan membuat lubang dan kebocoran," ujarnya sebagaimana dilansir Otoasia.

Andry menambahkan, proses terjadi lubang yang disebabkan kerikil-kerikil tersebut memang lama. "Itulah yang sering disebut bocor halus. Tekanan angin pada ban lama-lama akan berkurang," tambahnya.

Untuk itu, Andry menyarankan agar selalu mengontrol ban secara keseluruhan. "Jika ada kerikil terselip, rajin-rajinlah mencongkelnya. Dengan begitu, ban akan tetap awet," pungkasnya.