Minggu, 22 Juli 2018 06:41 WITA

Ini Komponen yang Perlu Diperhatikan Saat Anda Melaju Kencang

Editor: Aswad Syam
Ini Komponen yang Perlu Diperhatikan Saat Anda Melaju Kencang
Ilustrasi

RAKYATKU.COM - Keadaan jalan yang macet, terkadang membuat pengemudi bermusuhan dengan waktu. Tak pelak, sebagian pengemudi memutuskan untuk melaju dengan kencang karena terburu-buru, ataupun memilih jalur tol sebagai solusi-nya. Sayangnya, sikap terburu-buru itu juga berdampak pada pemeriksaan kelayakan mobil.

Karena buru-buru, pengemudi jadi lupa untuk periksa kelayakan mobil. Pecah ban ataupun gagal rem mungkin saja terjadi di tengah jalan. Tapi mau bagaimana lagi. Pemeriksaan kelayakan mobil sudah kadung terlupakan. Yang perlu dilakukan sekarang adalah, bagaimana mengatasi kegagalan tersebut di dalam perjalanan.

Dari sekian kerusakan yang terjadi saat mobil melaju kencang, kerusakan pada ban, stir, pedal gas, atau rem adalah hal yang cukup sering terjadi. Jika salah sedikit saja, kecelakaan fatal seperti mobil terbalik bisa saja terjadi. Maka dari itu, untuk mengatasinya, seorang pengemudi memerlukan cara-cara yang sifatnya khusus.

Berikut ini cara-cara yang bisa Anda perhatikan:

  • Ban meledak di tengah jalan. Hal ini bisa terjadi karena lapisan ban sudah tipis. Selain itu mungkin juga disebabkan oleh robekan benda tajam. Sekecil apapun sebuah benda tajam, tetap saja merobek kulit ban karena mobil sedang melaju dengan kencang. Jika hal ini terjadi pada Anda, jangan langsung injak pedal rem. Mobil Anda nanti terjungkal. Yang perlu dilakukan adalah menurunkan gigi transmisi secara bertahap dan perlahan. Setelah mobil melambat, menepilah. Jangan lupa untuk menyalakan lampu hazzard (lampu sen tanda bahaya).
  • Stir tidak berfungsi. Jika hal ini terjadi, segeralah perlambat laju mobil. Lepas pijakan pada pedal gas. Lakukan penghentian laju secara perlahan dan lembut. Hal ini perlu diperhatikan agar mobil tidak berputar (spinning).
  • Pedal gas seperti terkunci. Jika hal ini terjadi, cobalah lepaskan pijakan kaki dari pedal gas. Jika pedal tersebut tidak berubah posisi (dalam artian masih terkunci), netralkan gigi transmisi, kemudian lakukan pengereman secara bertahap dan perlahan. Jangan lupa nyalakan lampu hazzard. Setelah itu, pinggirkan mobil ke tempat yang aman.
  • Rem tidak mau berfungsi. Mungkin yang terjadi adalah pedal rem los. Jika demikian, cobalah untuk mengocoknya. Jika rem masih tidak berfungsi, segera nyalakan lampu hazzard, dan turunkan gigi transmisi secara bertahap dan perlahan.

Selain cara-cara di atas, yang terpenting Anda tidak panik. Jika Anda panik, kejadian fatal mungkin saja terjadi . Cobalah untuk selalu sadar dan tenang, dan jangan lupa juga untuk selalu menyalakan lampu hazzard. Lampu ini sangatlah penting. Dengan menyalakan lampu tersebut, pengemudi di belakang Anda tahu bahwa mobil Anda sedang mengalami masalah.