Selasa, 24 Juli 2018 08:33 WITA

Kunci Jok Macet, Ini Solusinya

Editor: Aswad Syam
Kunci Jok Macet, Ini Solusinya
Pengait jok motor harus selalu dilumasi.

RAKYATKU.COM - Pagi-pagi buru-buru hendak ke kantor. Helm disimpan di jok. Mau diambil, eh...kunci jok macet. Kesal kan?.

Dengan rajin mengontrol dan melumasi pengait kunci jok, maka jok motor Anda akan lancar tanpa hambatan.

Lain lagi masalah dialami Tania Tamara. Dia mendapat masalah saat hendak mengisi bahan bakar di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU). Sontak, gadis yang bekerja di salah satu pusat perbelanjaan, bingung setengah mati ketika jok Honda BeAT FI yang ditunggangi tidak bisa dibuka.

Dengan terpaksa, Tania mengurungkan niatnya untuk mengisi bensin, dan membawanya ke bengkel motor terdekat. Sesampainya di bengkel, jok motor pun dibuka paksa. Terlihatlah sekumpulan kotoran berupa debu menempel di pengait kunci jok.

"Ini cuma kotor aja mba. Sering dikontrol dan dilumasi pakai oli aja biar lancar dan tidak macet. Sebelumnya, semprot terlebih dahulu dengan WD40, baru dikasih pelumas," wanti sang mekanik seperti dilansir Otoasia.

Tania mengaku, kalau gejala macetnya jok ini sudah seminggu lalu. Bahkan membuat kunci motor bengkok dan susah untuk masuk saat hendak menyalakan motor.

Sejak kejadian tersebut, Tania pun jadi mengerti bagaimana memberikan perhatian agar jok motor tidak macet lagi. "Yah, namanya juga cewek, tahunya kan cuma make motor aja," pungkasnya.