Selasa, 24 Juli 2018 07:03 WITA

Manajemen Waktu Bisa Cegah Kecelakaan

Editor: Aswad Syam
Manajemen Waktu Bisa Cegah Kecelakaan
Ilustrasi tabrakan

RAKYATKU.COM - Pernahkah Anda mengalami kecelakaan meski terjebak kemacetan? Hal itu bisa dialami siapa saja. Insiden kecelakaan dalam kondisi lalu lintas padat biasanya terjadi akibat perilaku pengendara yang tidak sabar.

Pebalap nasional sekaligus Duta Safety Driving dari Federasi Otomotif Internasional (FIA) untuk Indonesia, Rifat Sungkar, seperti dilansir Otoasia menyebut, kejadian di atas bisa diantisipasi menggunakan manajemen waktu yang tepat.

"Kebiasaan on time sebenarnya bisa mencegahnya. Karena biasanya kecelakaan terjadi akibat pengendara terburu-buru. Sebagai contoh, orang yang buru-buru tidak akan mau memberi lewat kendaraan lain yang ingin memotong," ucapnya.

Manajemen waktu yang tepat menurut Rifat adalah dengan memajukan waktu keberangkatan. Pasalnya, terdapat faktor X yang dapat menambah waktu tempuh menjadi 2 atau 3 kali lipat.

"Dengan berangkat lebih awal, kita bisa berkendara lebih santai. Dari situ kita dapat dua keuntungan, tidak stres karena terjebak macet lalu ingin cepat sampai dan efisiensi bahan bakar maksimal akibat kontrol mengemudi yang baik," jelasnya.