Selasa, 24 Juli 2018 06:41 WITA

Jangan Ngerem Saat Melewati Genangan Air!

Editor: Aswad Syam
Jangan Ngerem Saat Melewati Genangan Air!
Mobil melewati genangan air. Sumber: Otoasia.com.

RAKYATKU.COM - Pernahkah Anda melewati genangan air di jalan? Ada baiknya Anda berhati-hati saat melintasinya. Salah-salah mobil malah tergelincir atau bahkan terguling.  Inilah yang diwanti-wanti pebalap nasional Rifat Sungkar kepada para pengendara.

"Butuh pengetahuan baik untuk bisa menerobos genangan air di jalan. Banyak orang beranggapan mobil harus direm saat melewati genangan air. Padahal ini sangat berbahaya," ucap Rifat sebagaimana dilansir otoasia.

Menurut Rifat cara paling benar saat melintasi genangan air adalah dengan memperlambat kendaraan. Bukan dengan mengerem, tetapi melepas pedal gas agar mobil tidak lepas kendali.

"Saat mobil direm, ban akan blocking di atas air. Hal ini tidak membahayakan, tetapi saat ban terkena aspal kering kembali, mobil akan tertarik akibat ban tercengkram jalanan. Mobil bisa berbalik arah," jelasnya.

Setelah melewati genangan air, lanjut Rifat, barulah pedal gas boleh diinjak kembali. Tentu dengan catatan kontrol mobil tercapai dengan baik.

"Kalau dijabarkan prosesnya adalah perhatikan dulu genangannya, lalu perlambat kendaraan dengan melepas pedal gas, kemudian kontrol dengan baik saat melintasi genangan, gas kembali secara halus," tutupnya.