Senin, 30 Juli 2018 05:30 WITA

2019, Pelat Nomor Kendaraan Akan Diganti Warna Putih

Penulis: Wahyu Susanto S
Editor: Ibnu Kasir Amahoru
2019, Pelat Nomor Kendaraan Akan Diganti Warna Putih

RAKYATKU.COM - Pelat nomor kendaraan pribadi biasanya berwarna hitam, sedangkan pelat nomor kendaraan angkutan umum berwarna kuning. Lalu, kendaraan milik pemerintah biasanya berwarna merah.

Nah, pada 2019 nanti, rencananya pelat nomor kendaraan pribadi yang berwarna hitam akan diganti menjadi berwarna putih.Ternyata, ada alasan di balik penggantian warna pelat nomor kendaraan.

Menurut pihak Korlantas Polri, warna hitam untuk pelat nomor kendaraan seperti sekarang ini kurang terlihat. Apalagi kalau malam hari dan lampu penerang jalan kurang memadai, pelat nomor kendaraan akan sulit terlihat.

Maka itu, Korlantas Polri bersama dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) merencanakan program ini.

"Sementara ini yang sudah fix akan ada perubahan adalah kendaraan pribadi yang warna dasar hitam tulisan putih menjadi warna dasar putih tulisan hitam," kata Kasi STNK Subdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Bayu.

Selain kurang terlihat pada malam hari, ternyata program ini dilakukan juga untuk mendukung sistem CCTV. Yap, di jalan raya, nantinya akan dipasang CCTV yang berguna untuk sistem tilang dan lain-lain.

Kalau berwarna hitam, pelat nomor kendaraan sulit terlihat dari CCTV. Sebaliknya, kalau berwarna putih, pelat nomor akan lebih jelas terekam CCTV.

Di negara-negara lain, pelat nomor kendaraan memang biasanya berwarna putih. Sedangkan di Indonesia, penggantian warna pelat nomor kendaraan ini rencananya akan dimulai tahun depan.

Pelat nomor berwarna putih ini pertama kali akan dipasangkan pada mobil dan motor yang baru.

Sedangkan untuk mobil dan motor yang sudah dibeli dan sudah dipakai, pelat nomor akan diganti secara bertahap. Mobil dan motor yang sudah dibeli akan diganti warna pelatnya saat membayar pajak.