Selasa, 31 Juli 2018 06:42 WITA

Periksa Alternator, Cegah Kerusakan Listrik

Editor: Aswad Syam
Periksa Alternator, Cegah Kerusakan Listrik
Mengukur alternator

RAKYATKU.COM - Kesulitan pengendara dalam menyalakan mobil, cukup banyak dialami para pengendara. Mungkin saja penyebabnya ada pada alternator mobil Anda.

Alternator adalah komponen yang mampu mengisi daya ke aki menggunakan tenaga yang dihasilkan mesin, sekaligus memberikan daya kepada sistem kelistrikan kendaraan.

Alternator yang rusak, tak hanya menyebabkan sistem kelistrikan menjadi bermasalah, tapi juga dapat menyebabkan kerusakan komponen. Aki yang seharusnya mendapatkan daya dari alternator, dapat menjadi habis bahkan kering karena alternator yang rusak.

Untuk memeriksa apakah alternator mengalami kerusakan, Anda dapat melakukan beberapa cara. Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah mengukur tegangan pada aki. Jika tegangan menunjukkan antara 13 dan 14 volt pada rpm 2.500, maka alternator masih dalam kondisi baik, namun jika di bawah itu, alternator Anda mengalami kerusakan.

Selanjutnya periksa komponen penunjang alternator, seperti sabuk pemutar alternator yang menghubungkan mesin dengan alternator untuk memberi daya. Lalu dengarkan suara alternator.

Alternator biasa disebut juga sebagai dinamo ampere, komponen ini memiliki bagian yang berputar di dalamnya. Jika terdengar suara menggeram, kemungkinan alternator mengalami keausan.

Berita Terkait