Selasa, 31 Juli 2018 02:02 WITA

Mesin 'Mbrebet', Coba Cek Fuel Pump

Editor: Aswad Syam
Mesin 'Mbrebet', Coba Cek Fuel Pump
Pompa bensin

RAKTYATKU.COM - Gejala kerja mesin yang tersendat bisa saja terjadi pada kendaraan, termasuk termasuk motor. Faktor-faktor yang perlu menjadi perhatian mencakup perangkat fuel pump.

"Fuel pump itu akan awet jika bensin di dalamnya bagus, gak kotor. Gejalanya, ya tersendat-sendat. Kalau fuel pump bermasalah, tekanan bensin bisa ketinggian, bisa terlalu rendah," urai Slamet Kasianon, Supervisor Service & Education PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) dalam menjelaskan fungsi kerja YMJET-FI sebagaimana dilansir dari otoasia.

Dia melanjutkan bahwa pasokan bahan bakar yang terlalu akan membuat kerja mesin tersendat-sendat bahkan mati. Demikian pula sebaliknya.

"Kalau (pasokan bensin di) fuel pump terlalu tinggi, itu juga bermasalah. Kerendahan, juga bermasalah. Kalau gak mati ya mbrebet," katanya lagi.

Untuk itu, mereka yang mengalami hal ini perlu memeriksakan tekanan bensin. Namun sedari awal diwanti-wanti, pengguna perlu memeriksakan fuel pump, bukan hanya melihat bahwa perangkat itu bekerja.

"Gejala kalau mbrebet, tersendat-sendat, coba cek tekanan bensin dulu. Kalau cuma ngecek fuel pump bekerja apa enggak, ya sudah. Muter memang muter, tetapi kencang atau tidak, kan kita tidak tahu."