Selasa, 07 Agustus 2018 05:32 WITA

Awas! Waspadai 'Racun' Dalam Mobil Anda

Editor: Aswad Syam
Awas! Waspadai 'Racun' Dalam Mobil Anda
Ilustrasi

RAKYATKU.COM - Bagi Anda yang suka berkendara dengan mobil yang full AC, ada baiknya jika Anda tak buru-buru menyalakannya saat pertama kali memasuki mobil Anda yang tengah dalam kondisi terparkir. Hal ini dilakukan agar udara yang ada di dalam mobil bisa segera keluar, dengan membuka pintu mobil atau jendela selama beberapa detik, agar ruangan dalam mobil berganti dengan udara yang lebih segar.

Kabarnya, udara yang ada di dalam kabin saat mobil diparkir mengandung zat kimia benzene atau bensol. Benarkah?

Dilansir dari Otoasia, menurut penelitian yang dilakukan oleh Universitas of California, dashboard mobil, sofa, air freshener akan memancarkan Benzene, yang disebabkan oleh suhu ruangan yang meninggi. So, Anda perlu berhati-hati jika mencium bau plastik terbakar di dalam mobil, dan segera mencari sumber bau tersebut.

Tingkat Benzene yang dapat diterima dalam ruangan adalah 50 mg per sq ft. Sebuah mobil yang parkir di ruangan dengan jendela tertutup akan berisi 400 - 800 mg dari Benzene. Jika parkir di luar rumah di bawah sinar matahari pada suhu di atas 60 derajat Fahrenheit, tingkat Benzene bisa mencapai 2000 - 4000 mg, 40 kali lipat dari takaran yang bisa diterima. Alhasil, para penumpang di dalam mobil pasti akan teracuni dengan kondisi tersebut.

Efek singkat menghirup benzene dalam jumlah berlebihan dapat mengakibatkan kematian, sedangkan menghirup benzene dalam kadar rendah dapat menyebabkan kantuk, pusing, mempercepat denyut jantung, sakit kepala, tremors, kebingungan, dan ketidaksadaran.

Dalam jangka waktu yang lama, efeknya bisa menyebabkan kerusakan pada sumsum tulang dan dapat menyebabkan penurunan sel darah merah, yang mengarah ke anemia. Selain itu, kadar benzene berlebih dalam darah juga dapat menyebabkan perdarahan yang berlebihan dan menurunkan sistem kekebalan, meningkatkan peluang infeksi, memicu leukemia dan hal lain yang terkait dengan kanker darah dan pra-kanker dari darah.

Benzene adalah zat beracun yang menyerang hati, ginjal, paru-paru, jantung dan otak, sehingga dapat menyebabkan kerusakan kromosonal. Saat ini sedang diadakan penelitian tentang pengaruh benzene terhadap tingkat kesuburan pria dan wanita. Tubuh kitapun tak bisa menangkal efek racun dari benzene dan kesulitan untuk mengeluarkannya dari jaringan.

Karena itu, sangat disarankan agar Anda membuka jendela dan pintu untuk memberikan waktu pada udara yang ada di dalam mobil, agar kandungan benzene bisa terbebas sebelum Anda masuk. Nah, selamat berkendara dan patuhilah rambu-rambu lalu lintas.