Selasa, 07 Agustus 2018 06:08 WITA

Oli Baru Cepat Hitam? Tak Usah Khawatir

Editor: Aswad Syam
Oli Baru Cepat Hitam? Tak Usah Khawatir
Ilustrasi oli

RAKYATKU.COM - Baru beberapa hari mengganti oli, tiba-tiba saat diperiksa oli berubah menjadi hitam. Padahal pelumas dibeli di tempat yang terpercaya dan dijamin keasliannya. Jangan buru-buru memvonis oli yang Anda beli adalah palsu. Jangan lantas cepat pula membeli oli baru atau bongkar mesin, yang ada malah pemborosan.

Nah, apabila pelumas yang dipakai benar-benar berkualitas baik, bisa jadi penyebab kerusakan bukan pada sistem pelumasan. Dilansir dari Otoasia, oli punya fungsi membersihkan permukaan dinding silinder terhadap oksida, karbon, dan kerak-kerak yang ditimbulkan akibat proses pembakaran. Selain melumasi, bantalan-bantalan, minyak pelumas juga bekerja membawa kotoran yang hinggap di dalamnya. Sebab fungsi pelumas untuk membersihkan, karena itu kualitas oli menjadi sangat penting.

Jadi tidak perlu dikhawatirkan kalau pelumas yang baru Anda gunakan cepat kotor. Pasalnya, pelumas mesin dalam kondisi demikian masih bisa dipakai, namun Anda juga harus memperhatikan tingkat kekentalannya. Jika tidak berubah, tetap bisa digunakan, jika berubah sebaiknya diganti.

Bagaimana jika oli mesin baru tersebut dikuras berbarengan dengan butiran-butiran halus yang bersinar atau mengkilap? Jika di dalam oli ditemui butiran-butiran halus mengkilap, pertanda pelumas harus diganti karena kualitasnya sudah buruk. Sementara serbuk halus yang keluar saat pelumas dikuras sebagai pertanda pula kalau serbuk logam tersebut muncul akibat keausan bantalan-bantalan dinding silinder serta bagian-bagian mesin yang lain.

Karenanya, gantilah dengan pelumas yang baru. Jika pelumas dalam kondisi demikian dipertahankan, bisa fatal akibatnya. Bagian-bagian yang terdapat dalam mesin akan mengalami kerusakan yang cukup fatal.

Bagaimana jika kondisi mesin masih baru? Bila ada beberapa komponen mesin yang diganti, oli dapat pula mengandung serbuk-serbuk logam. Hal itu terjadi lantaran adanya keausan dan penyesuaian bagian-bagian mesin satu sama lain.

Karena itu, umur penggantian oli dalam kondisi mesin atau komponen-komponen mesin yang baru diganti, maka pergantian pelumas bisa dilakukan dalam waktu singkat. Berbeda dengan kondisi mesin/komponen mesin yang sudah lama dipakai, umur pergantian pelumas pun juga bisa lama, sesuai kondisi mesin.