Selasa, 07 Agustus 2018 05:03 WITA

Agar Kabin Selalu Nyaman dan Mewah

Editor: Aswad Syam
Agar Kabin Selalu Nyaman dan Mewah
Ilustrasi

RAKYATKU.COM - Lapisan kulit, bagi kebanyakan manufaktur otomotif, seringkali dipakai menambah kesan mewah dan juga rasa nyaman dalam kabin. Ada beberapa keunggulan memakai lapisan jok kulit asli ketimbang dengan bahan lain, seperti kulit sintetis dan fabric.

Pori-pori yang terdapat pada lapisan kulit, bisa mencegah keringat berlebih saat kita duduk. Selain itu, lapisan kulit asli juga mampu menyerap panas dengan sangat baik, sehingga suhu kabin tetap sejuk. Kelebihan lain dari bahan kulit yakni bahwa lapisan jok kulit asli lebih mudah dibersihkan daripada bahan fabric ataupun kulit sintetis. Cukup dengan cairan cleaner, noda pada lapisan kulit sudah bisa dihilangkan.

Berikut ini ada beberapa langkah yang perlu dilakukan agar interior mobil tetap nyaman dan menyenangkan sebagaimana dilansir dari Otoasia:

1. Segera hilangkan noda dengan menggunakan formula pembersih kulit.
2. Hindari menggunakan alkohol, tinner, deterjen, shampoo, atau cairan sejenis untuk menghilangkan noda, karena dapat merusak lapisan kulit.
3. Gunakan sedikit sabun lembut dan air saat membersihkan lapisan kulit (jangan menggunakan air panas)
4. Setelah itu, usaplah dengan kain lembut dan biarkan lapisan kulit mengering dengan sendirinya. Jangan menggunakan pengering rambut atau hair dryer.
5. Agar kulit tetap lembut, gunakan pelembap kulit secara berkala
6. Lakukan perawatan interior kendaraan minimal setiap tiga bulan.
7. Hindari memarkir kendaraan di bawah terik matahari langsung.

Namun, ternyata lapisan jok berbahan kulit asli ini juga memiliki usia pakai dan harus tetap mengalami penyegaran atau pergantian agar suasana kabin tetap nyaman dan terlihat mewah. Biasanya, setelah dipakai selama 3 - 5 tahun, lapisan kulit mulai terlihat kusam. Untuk itu, sebaiknya perlu dilakukan pergantian agar lapisan kulit tetap terlihat mewah dan nyaman digunakan.