Selasa, 14 Agustus 2018 06:02 WITA

Dengan Minuman Bersoda, Karat Minggat

Editor: Aswad Syam
Dengan Minuman Bersoda, Karat Minggat
Ilustrasi minuman bersoda

RAKYATKU.COM - Siapa sangka, minuman bersoda yang dianggap sering kurang sehat bagi tubuh, malah bisa sangat berguna bagi mobil. Karena larutan karbonasi yang ada pada soda, ternyata mampu bereaksi dengan beberapa unsur pada mobil.

Merawat komponen kendaraan yang berlapis krom memang gampang-gampang susah. Bila salah, akan menimbulkan karat yang tentunya membuat tampilan tak lagi sedap. 

Ternyata, ada jurus murah yang bisa Anda tempuh untuk membuat komponen krom kinclong kembali. Ya, cukup menggunakan minuman soda. 

Seperti diketahui, minuman bersoda memiliki senyawa asam yang tinggi. Asam yang terkandung dalam minuman inilah yang berkhasiat merontokkan karat. 

Dilansir dari Liputan6.com dan Otoasia, berikut cara menghilangkan karat menggunakan minuman soda: 

Pertama, bersihkan area permukaan yang berkarat dengan sabun untuk  untuk menghilangkan debu atau tanah yang menempel. Setelah dirasa cukup, segera bilas dengan air bersih dan keringkan permukaan. 

Langkah berikutnya, tuangkan cairan soda ke permukaan yang berkarat secara merata dan biarkan sekira 15 menit. 

Setelah itu, gunakan spons kering untuk meratakan cairan soda ke seluruh permukaan yang berkarat. Saat proses ini, jangan lupa untuk menggosok-gosok bagian yang berkarat. 

Nah, yang terakhir, bilas dengan air bersih dan gunakan sabun untuk menghilangkan cairan soda. Kemudian keringkan dengan lap. 

Seperti pada karat, memang tidak akan total hilang seluruhnya, namun bagusnya adalah bahwa soda mampu mereduksi karat yang membandel. Selain itu, karat pada kepala aki juga bisa dibersihkan menggunakan soda.