Senin, 20 Agustus 2018 05:00 WITA

Inilah 6 Penyebab Mobil AC Berisik

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Inilah 6 Penyebab Mobil AC Berisik
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Tak hanya kurang dingin, masalah lain yang kerap dialami pemilik mobil pada sistem penyejuk udara kabin atau Air Conditioner (AC) yaitu timbul suara berisik.

Tentu saja, mobil yang mengalami masalah berisik akan terasa  mengganggu dan membuat kabin kurang nyaman.

Seperti dilansir situs resmi bengkel AC, Rotary Bintaro, AC mobil berisik tidak tejadi bagitu saja. Sebaliknya ada berbagai penyebab yang membuatnya berisik. Setidaknya ada enam penyebab AC mobil berisik, antara lain:

1. Terjadinya Gesekan Di dalam mesin AC Mobil

Gesekan ini terjadi karena piston yang mengalami kehabisan oli ataupun bisa dikarenakan mesin AC sudah aus karena digunakan terlalu lama. Sehingga mesin AC bekerja secara berat dan menimbulkan bunyi yang beri

2. Adanya Benda Asing Di dalam Mobil

Kemasukan benda asing dalam mobil harus menjadi perhatian. Daun kering ataupun benda lain yang masuk ke dalam mesin AC mobil dapat membuat mesin AC mengeluarkan bunyi yang cukup berisik.

Hal ini dikarenakan benda asing tersebut bisa menghambat kinerja mesin AC mobil dan terjadinya gesekan antara benda asing tersebut dengan mesin AC mobil.

Jadi selama pemakaian mobil pastikan tidak ada barang-barang yang tidak wajar masuk ke dalam mobil. Untuk yang beraktifitas di luar ruangan khususnya yang  perjalanan ke daerah-daerah. Ini menjadi daftar yang tidak bisa lepas dari perhatian kita.

3. Komponen Mesin AC Terpasang Tidak Presisi

Pemasangan mesin AC mobil bisa saja dilakukan sendiri. Tetapi pemasangan komponen AC yang tidak presisi bisa menimbulkan bunyi yang berisik. Itu kenapa selalu disarankan untuk pergi ke bengkel AC mobil resmi.

Hal ini dikarenakan jika komponen mesin AC tidak terpasang secara presisi, ada bagian yang masih longgar. Bagian yang masih longgar tersebut membuat AC mobil menyala dan bergetar kemudian menimbulkan suara yang berisik.

4. Terjadinya Kebocoran di Saluran AC mobil

Jika saluran AC mengalami kebocoran, bagian refigrant akan cepat terkuras dan menyebabkan refigrant AC menjadi cepat habis. Oli yang ada di bagian refigrant nya akan semakin cepat habis.

Jika oli cepat habis, akan terjadinya gesekan pada bagian piston. Seperti yang sudah disebutkan di atas, gesekan piston bisa membuat suara AC mobil menjadi berisik.

5. Kompresi Pada Kompresor yang Menghilang

Kompresor AC memiliki fungsi yaitu sebagai pemompa udara dari bagian freon ke kondesor dalam AC mobil. Jika kinerja kompresor ini kinerjanya melemah, maka udara yang dipompa ke kondesor juga otomatis ikut lemah. Sehingga hal ini menimbulkan suara AC yang berisik dan bahkan AC bisa tidak menjadi dingin sama sekali.

6. Magnetic Clucth yang Mengalami Masalah

Sebagai pengguna mobil, tentu tidak asing dengan istilah magnetic clucth. Magnetic clucth merupakan bagian yang paling terpenting pada bagian AC mobil.  Jika magnetic clucth menimbulkan masalah, maka kinerja AC pun juga bermasalah.

Seperti AC yang tidak dingin ataupun AC dengan suara yang berisik. Apalagi magnetic clucth adalah penghubung antar mesing dengan kompresor.

Untuk menangani AC mobil yang berisik, kita bisa membawanya ke bengkel AC mobil. Sehingga masalah AC yang berisik bisa segera ditangani.