Minggu, 26 Agustus 2018 07:00 WITA

Gandeng Pabrik China, Proton Siap Bersaing di Indonesia

Editor: Adil Patawai Anar
Gandeng Pabrik China, Proton Siap Bersaing di Indonesia

RAKYATKU.COM - Sejak tahun 2017 lalu, Zhejiang Geely Holding Group (Geely), pabrikan mobil asal China, telah menguasai hampir separuh saham produsen lokal Malaysia, Proton Holding Berhads.

Kolaborasi ini bertujuan untuk mengangkat Proton dari keterpurukannya bersaing dengan produk-produk Jepang dan Eropa.

Kabar terbaru menyatakan bahwa Geely mengizinkan Proton untuk menggunakan teknologi terbaru yang telah mereka kembangkan bersama Volvo. Bahkan, pabrikan asal Malaysia tersebut boleh menggunakan mobil Geely dan Volvo sebagai basis dari produk baru mereka.

“Penandatanganan perjanjian hari ini akan memperluas hubungan kami dan membawa kerja sama kami ke tahap berikutnya,” ujar Li Shufu, Founder and Chief Executive Geely, dilansir otosia.com.

Hasil kolaborasi Geely-Volvo-Proton ini nantinya tak hanya beredar untuk pasar lokal China dan Malaysia saja, melainkan secara global, termasuk Indonesia. Bahkan, Proton didorong agar mampu bersaing di negara lain, yaitu Australia, India, dan Inggris.

Bagi Geely, kerjasama dengan Volvo dan Proton membuatnya memiliki produk yang bisa dijual ke berbagai segmentasi pasar, mulai dari bawah, menengah, hingga kendaraan mewah.