Minggu, 26 Agustus 2018 12:03 WITA

Samartha, Mobil Balap Karya Mahasiswa UNS Seharga Rp100 Juta 

Editor: Eka Nugraha
Samartha, Mobil Balap Karya Mahasiswa UNS Seharga Rp100 Juta 

RAKYATKU.COM, SOLO -- Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) siap berpacu dalam kompetisi Student Formula Japan yang diadakan oleh Society of Automotive Engineer (SAE) Jepang September mendatang. Tim asal UNS ini akan menampilkan mobil balap karyanya yang diberi nama Samartha. 

"Kompetisi ini bagian dari Society of Automotive Engineer (SAE) Internasional," kata Wakil Rektor IV, Widodo Muktiyo seperti yang dirilis UNS. 

Mobil ini diketahui memiliki kubikasi 400 cc. Awalnya, mobil ini memiliki bobot 290 kilogram, tetapi setelah dimodifikasi beratnya menurun menjadi 250 kilogram. Mobil ini diketahui bisa melesat hingga 200 kilometer per jam. Untuk membangun mobil ini, dibutuhkan dana hingga Rp100 juta.

Widodo mengatakan, UNS tidak pernah absen dalam mengikuti ajang tingkat global ini. Nama Samarta diambil dari bahasa sansekerta yang artinya bisa atau mampu. 

"Harapannya mobil ini juga mampu memenangkan kompetisi tersebut, jangan hanya naik grade, tetapi harus menang," katanya.

Sementara itu, Ketua Tim Bengawan Formula Student UNS, Farlian Rizky Sinaga mengatakan, Student Formula Japan merupakan kompetisi internasional tingkat mahasiswa, untuk merancang, mendesain, dan memproduksi sebuah mobil balap formula.  "Pada pelaksanaan kompetisinya, penilaian tidak hanya terpaku pada aspek perfoma mobil, tetapi tim juga dituntut dapat mengorganisasi seluruh proses pembuatan mobil," ujar Farlian.

Tags

Berita Terkait