Senin, 27 Agustus 2018 04:30 WITA

Cara Mudah Agar Bodi Mobil Tidak Gampang Kusam

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Cara Mudah Agar Bodi Mobil Tidak Gampang Kusam

RAKYATKU.COM - Di waktu luang yang dimiliki, bisa Anda memanfaatkan untuk mengecek komponen-komponen pada kendaraan ataupun memolesnya agar terlihat tetap menarik.

Bagi sebagian pemilik kendaraan, melakoni aktivitas perawatan seperti ini sangat menyenangkan. Selain bisa mengetahui kondisi kendaraan, aktivitas ini bisa menyehatkan karena memaksa tubuh untuk bergerak dan mengeluarkan tenaga yang ujung-ujungnya berkeringat.

Tidak cuma itu, aktivitas ini sekaligus mengasah kesabaran. Pasalnya, mengusir noda yang menempel di bodi hingga membuatnya kinclong lagi membutuhkan waktu yang cukup panjang.

Namun bagi yang malas kotor-kotoran ataupun tak ingin repot cukup menggunakan jasa salon mobil untuk mengurusnya. Terlebih, saat ini salon "kecantikan" mobil banyak tersebar di berbagai wilayah sehingga Anda tidak perlu repot mencarinya.

Salah satu teknik poles bodi yang sedang populer saat ini adalah coating. Dan tiap salon mobil memiliki treatment yang berbeda terutama dalam penggunaan obat poles yang digunakan.

Topcoat contohnya, bengkel detailing dan coating ini menggunakan produk dengan bahan Sapphire Serum. Produk ini diklaim memiliki kekuatan hardness mencapai 9H+ 5Mohs.

Dalam keterangan resminya, CEO Topcoat Indonesia Christopher Sebastian menyampaikan, bahan coating yang digunakan adalah senyawa kimia dari kaca sapphire berkualitas tinggi yang diproses dengan Nano German Technology, sehingga bodi kendaraan menjadi kilap yang ekstrim dan tahan gores dalam jangka waktu lama bahkan sampai bertahun-tahun.

"Coating dengan bahan sapphire serum adalah proses perlindungan yang bersifat permanen terhadap permukaan cat kendaraan yang berfungsi untuk melindungi, menahan usia pemakaian, mempermudah perawatan dan meningkatkan nilai jual," kata Sebastian, dilansir Liputan6, Senin (26/8/2018).

Lebih lanjut ia menjelaskan, proses aplikasi coating Topcoat hanya 1 layer, karena bahan dasar Topcoat adalah murni 9H+ 5Mohs. Ini adalah tingkat kekerasan paling tinggi dan satuan Mohs hanya digunakan untuk bahan dasar kaca, hal ini juga dibuktikan dengan sertifikat dari SGS Test Lab yaitu Badan Pengujian Internasional yang telah diakui oleh dunia.

Permukaan yang dilapisi Topcoat akan mempunyai sifat antara lain Super Oleophobic yaitu lapisan tidak mudah tertempel minyak (sisa tetesan bahan bakar minyak saat pengisian BBM), kotoran (kotoran burung, getah pohon), lumpur dan debu,

Tidak cuma itu, sifat lain yang dimiliki adalah Super Hydrophobic yaitu lapisan permukaan menjadi anti air karena semua jenis cairan akan menggelinding jatuh seperti air di atas daun talas sehingga permukaan akan selalu bebas dan bersih dari air dan jamur, tahan terhadap hujan extrem dan cuaca panas sampai 700°C dan tahan sampai 1000 kali cuci.
 

Tags