Kamis, 30 Agustus 2018 06:00 WITA

Cara Mudah dan Efektif Perpanjang Usia Ban yang Kerap Diabaikan

Editor: Abu Asyraf
Cara Mudah dan Efektif Perpanjang Usia Ban yang Kerap Diabaikan
ILUSTRASI

RAKYATKU.COM - Ban salah satu unsur terpenting dari kendaraan. Namun, paling banyak diabaikan. Tak heran, pada kebanyakan kendaraan, usia ban terasa lebih pendek.

Padahal, pemakaian ban bisa lebih panjang. Hanya dengan melakukan perawatan secara berkala. Tidak sulit. Tidak memerlukan biaya. Manfaatnya luar biasa.

Nah, yang paling banyak diabaikan adalah tekanan udara. Padahal, inilah yang sangat menentukan dari pendek atau panjangnya usia ban.

"Tekanan udara ini menjadi musuh utama pada ban yang sering disepelekan pemilik kendaraan, padahal sangat mudah untuk mengeceknya," Manager Proving Ground Bridgestone, Zulpata Zainal seperti dikutip dari Kompas.com.

Kurangnya tekanan udara pada ban, bukan hanya merusak ban secara berlahan. Juga bisa menimbulkan hal fatal menyangkut keselamatan dalam berkendara. 

Zul mengatakan, tekanan udara pada ban harus dicek, minimal sekali dalam sebulan. Pengecekan juga tidak boleh sembarangan. Agar lebih akurat, sebaiknya dilakukan pada saat ban dalam kondisi dingin.

Pengecekan atau penambahan udara saat ban dalam kondisi panas atau usai digunakan, angkanya tidak akan akurat. Udara dalam kondisi memuai. 

Pengecekan tekanan udara secara berkala tersebut diiringi penggunaan dan penyimpanan yang baik, seperti tak langung terkena sinar matahari dan terhindar dari meterial panas yang bisa merusak karet.

Berita Terkait