Jumat, 31 Agustus 2018 08:00 WITA

Mobil Bermata ini Bisa Melihat Penyeberang Jalan 

Editor: Eka Nugraha
Mobil Bermata ini Bisa Melihat Penyeberang Jalan 
Sumber: Carcoops

RAKYATKU.COM, INGGRIS -- Pabrikan mobil asal Inggris, Jaguar Land Rover memperkenalkan produksi mobil barunya ke publik. Mobil otonom nirsopir ini bernama Virtual Eye Pod. 

Mobil ini seperti memiliki mata. Canggihnya, mobil ini bisa melirik ke kiri dan ke kanan sambil memantau pejalan kaki yang menyeberang. Dengan begitu, mobil ini diharapkan dapat memberikan informasi kepada pejalan kaki, sehingga membiarkan mereka mengetahui kapan waktu aman menyeberang atau tidak.

Seperti yang dilansir Carcops, kondisi ini setidaknya bisa memberikan kepercayaan kepada pejalan kaki saat menyeberang ketika mobil tanpa sopir melintasi jalan raya. jaguar disebut telah melakukan penelitian untuk memulai proyek ini. 

“Second-nature—sifat alami (pejalan kaki) untuk melirik pengemudi kendaraan yang mendekat sebelum menyeberang jalan. Memahami bagaimana hal ini dapat diterjemahkan di dunia otomon nanti adalah sangat penting, ” kata manajer riset mobilitas masa depan Jaguar Land Rover, Pete Bennett melalui rilisnya di Carcoops. 

Berdasarkan hasil riset yang dilakukan Jaguar Land Rover, setidaknya 63 persen pejalan kaki dan pengguna sepeda merasa khawatir dengan keselamatan diri mereka jika kendaraan otonom berada di jalanan.

Adapun untuk sementara, Virtual Eye Pod dioperasikan di sekitar Coventry, Inggris. Tentunya mobil yang dikembangkan ini akan bermain mata secara otomotis, jika ada seorang pejalan kaki yang hendak menyeberang.

Tags

Berita Terkait