Sabtu, 01 September 2018 03:30 WITA

Berapa Kali Motor MotoGP Ganti Oli?

Editor: Nur Hidayat Said
Berapa Kali Motor MotoGP Ganti Oli?
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez. (Foto: Autosport)

RAKYATKU.COM - Motor balap MotoGP disiapkan tim pembalap untuk menjadi yang terbaik. Persiapan teknis tak lupa dilakukan menjelang balapan berlangsung. 

Setiap detail kecil sangat berarti untuk mendapatkan beberapa milidetik yang berharga. Tak heran, tim mekanik motor MotoGP bertanggung jawab memelihara motor balap super ketat dan menyeluruh.

Motor balap RC213V yang ditunggangi Marc Marquez dan Dani Pedrosa menjadi salah satu prototipe kendaraan bermotor yang paling canggih. Banyak bagian motor yang mengalami keausan seiring digunakan sampai batasnya.

"Tim mekanik bertugas mengganti semua komponen. Para profesional ini bekerja tanpa lelah di setiap GP, memberikan perhatian besar terhadap setiap detail kecil," tulis laman Box Repsol.

Diasumsikan, motor MotoGP memiliki sekitar 2.000 part dan komponen terpisah. Sekitar 200 di antaranya membutuhkan pemeliharaan dan kontrol yang tinggi. Salah satunya adalah pelumas atau oli.

Loading...

Kalau motor harian sudah ditentukan oleh setiap pabrikan setiap batas kilometer atau waktu tertentu oli harus diganti. Lantas bagaimana dengan motor MotoGP?

Disebutkan dalam laman Box Repsol, tingkat oli selalu diperiksa di setiap sesi. Kalau kurang, oli akan diisi sampai batasnya. Namun, saat hari balapan, oli lama dikuras dan diganti dengan pelumas yang baru.

Setelah selesai balapan akhir pekan, oli itu dikuras lagi agar motor mudah dipindahkan dan diangkut ke seri MotoGP berikutnya. Berarti, setiap pekan balapan MotoGP, motor itu selalu menggunakan oli yang baru.

Oli yang digunakan di motor MotoGp memiliki kualitas khusus. Oli itu diformulasikan khusus untuk mendapatkan hasil maksimal dari mesin.

Loading...
Loading...