Senin, 03 September 2018 05:30 WITA

4 Cara Mudah Merawat Wiper Mobil

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
4 Cara Mudah Merawat Wiper Mobil
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Wiper, peranti ini salah satu yang kerap terlupakan oleh pemilik mobil dalam hal perawatan. Padahal, fungsi wiper sangat vital, terlebih ketika hujan turun, maka alat ini dapat menyapu air yang kerap mengurangi visibilitas.

Namun tahukah Anda, wiper juga tak hanya berfungsi saat hujan saja, ketika panas menyengat ditambah debu beterbangan, maka secara otomotis hal itu akan membuat kaca jendela menjadi kotor.

Inilah saatnya wiper bekerja, setelah disemprotkan cairan, maka wiper akan menyapunya. Demikian juga jika terkena minyak, atau kotoran lain, maka wiper-lah yang bekerja. Berikut tips jitu untuk perawatan wiper:

1. Cairan Khusus 

Saat membersihkan wiper, Anda bisa menggunakan cairan khusus, wiper fluid, agar hasil yang didapat lebih maksimal. Kurangi pemakaian air biasa dalam memberishkan karet wiper agar karet tidak mudah rusak.

Pada saat membeli cairan pembersih khusus wiper, jangan lupa untuk baca panduan penggunaannya. Ini penting, agar takarannya benar-benar pas. 

2. Pelumas Poros

Jangan lupa semprotkan pelumas khusus pada bagian poros wiper. Ini berguna untuk menjaga kelancaran kerja wiper itu sendiri. Bisa menggunakan spray seperti WD Cleaner.

3. Karet

Ini adalah bagian yang memiliki peranan penting untuk menyapu air hujan ataupun kotoran yang ada di kaca depan. Karena jika karet sudah mulai getas alias keras, maka bisa dipastikan bahwa daya sapu dari wiper tersebut tidak akan normal.

Nah jadi coba Anda cek dulu karet wiper mobil Anda, kalau sudah keras atau getas, maka Anda diwajibkan untuk mengganti peranti tersebut.

4. Jangan Dilap

Dalam melakukan perawatan kepada wiper mobil, rupanya ada sebuah rahasia yang belum diketahui oleh masyarakat. Jika Anda membersihkan karet wiper ini sendiri, maka jangan pernah mengelap bagian pinggir karet.

Dilansir Liputan6, karena di bagian tersebut terdapat lapisan kimia yang berfungsi untuk menyapu kotoran dari kaca depan.