Selasa, 04 September 2018 07:02 WITA

Lampu Indikator Motor Menyala Terus? Berarti Ada Masalah

Editor: Aswad Syam
Lampu Indikator Motor Menyala Terus? Berarti Ada Masalah
Ilustrasi

RAKYATKU.COM - Persaingan pasar sepeda motor makin ketat, termasuk dalam hal teknologi, memaksa pabrikan sepeda motor untuk terus memberikan layanan mumpuni bagi pelanggannya. 

Salah satunya, dalam hal mengantisipasi kerusakan motor. Jika Anda menemukan lampu indikator berikut sering berkedip atau nyala terus, berarti Anda harus siap-siap untuk mereparasinya. Kenapa?

Dilansir dari Otoasia, lampu indikator tersebut ialah MIL atau Malfunction Indicator Lamp, yang dipasang pada sepeda motor matik keluaran terbaru. MIL bekerja sebagai sistem yang mendiagnosa performa PGM-FI.

Apabila diketahui kondisi yang tidak normal pada motor, indikator berwarna orange ini akan terus menyala.

Anda bisa mengetahui hal tersebut, dengan menyalakan kunci kontak dan biarkan selama 0,3 detik. Apabila indikator segera mati, berarti sepeda motor Anda normal. Sebaliknya, jika terus menyala, berarti ada masalah.

MIL sendiri bagian dari kode untuk mengetahui letak kerusakan pada motor, sehingga bisa pengguna bisa mengetahuinya dengan cepat. Namun, Anda harus bisa menghitung antara kedipan panjang dan pendek, serta jumlah kedipannya.