Senin, 01 Oktober 2018 05:00 WITA

Rupanya Cuci Motor Injeksi Harus Hati-hati

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Rupanya Cuci Motor Injeksi Harus Hati-hati
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Mencuci motor model injeksi rupanya tak bisa sembarangan. Sebab ada perangkat pada motor injeksi yang tak tahan air, berbeda dengan motor yang tidak menggunakan sistem injeksi alias karburator.

Walau pabrikan sudah membekali pengaman alias kedap air, tentu Anda tetap harus waspada. Sebab, jika sampai perangkat injeksi ada yang rusak, Anda mesti menggantinya dengan yang baru.

Ada tiga perangkat yang wajib dilindungi saat mencuci motor berteknologi injeksi, yakni ECM, throttle body, dan soket. Ketiga bagian ini biasanya letaknya terpisah.

Throttle body dan soket biasanya terletak pada bagian atas mesin. Untuk mencuci wilayah mesin, diperlukan kehati-hatian. Penyemprotan pun perlu diperhatikan, yakni dari atas ke bawah, jangan sampai dari bawah ke atas.

Ini penting agar throttle body dan soket terhindar dari tekanan air secara terus menerus yang bisa menyebabkan kerusakan pada kedua perangkat tersebut. Demikian dilansir laman Viva, Senin (1/10/2018).

Sedangkan untuk ECM biasanya terletak pada bagian atas spatbor belakang. Untuk mencuci spatbor belakang tak perlu disemprot terus menerus. Cara yang paling baik yaitu seka dulu dengan sikat dan lap, baru dibilas dengan menyemprotnya. Dengan cara ini ECM tetap aman dari percikan air.

Setelah mengetahui cara mencuci motor injeksi yang benar, diharapkan pemilik motor injeksi memiliki cara swadaya untuk mengamankan peranti injeksi saat mencucinya.

Apabila motor injeksi Anda lebih sering dicuci di tempat cuci motor umum, lebih baik agak cerewet dengan pesan langsung ke pencucinya. Mulai dari cara menyemprot air berlebih ke tiga bagian tadi.