Kamis, 18 Oktober 2018 07:00 WITA

Mengenal Teknik Kickdown pada Mobil Matik untuk Taklukkan Tanjakan dan Menyalip

Editor: Abu Asyraf
Mengenal Teknik Kickdown pada Mobil Matik untuk Taklukkan Tanjakan dan Menyalip
ILUSTRASI

RAKYATKU.COM - Sebagian orang merasa nyaman dengan mobil bertransmisi matik. Namun, pada momen tertentu, pengemudi bisa kerepotan jika tidak memahami tekniknya.

Salah satu teknik mengendarai mobil matik yakni kickdown. Ini salah satu solusi buat mobil matik saat ingin berakselerasi atau membutuhkan torsi lebih. 

Pada mobil manual, buat mengakomodasi keinginan tersebut, pengemudi hanya tinggal menginjak kopling dan menurunkan gigi ke posisi lebih rendah. 

Pada mobil matik, perpindahan gigi secara otomatis atau terkomputerisasi sehingga caranya tidak sama.

"Matik ini perpindahan transmisinya diatur oleh komputer atau mekanisme di dalam transmisi itu sendiri. Sehingga saat kita butuh power lebih pada saat menajak atau menyalip kendaraaan, tak mudah terdeteksi oleh komputer atau transmisi itu sendiri, jadi kita gunakan sistem kickdown itu,” kata Nurrahman Adi Saputra, kepala Bengkel Auto2000 Lampung Raden Intan seperti dikutip dari Kompas.com.

Caranya, lepas gas atau kendurkan injakan pada pedal gas untuk persiapan. Ketika momennya pas, injak pedal gas secara spontan dan maksimal. 

"Ini akan terbaca oleh komputer seolah-olah pengemudi sedang membutuhkan power lebih. Sehinga kebutuhan tenaga bisa tersalurkan. Kickdown sendiri ibaratnya sebagai pengingat, kalau kita butuh tenaga untuk berakselerasi atau ketika menanjak," ujar Nurrahman.

Berita Terkait