Sabtu, 20 Oktober 2018 01:00 WITA

Musim Hujan, Pengendara Motor Wajib Paham Aqua Planning, Tahu Bahayanya?

Editor: Nur Hidayat Said
Musim Hujan, Pengendara Motor Wajib Paham Aqua Planning, Tahu Bahayanya?
Foto: Beritagar.

RAKYATKU.COM - Hujan sudah mulai turun di beberapa kawasan. Kendati belum merata, bikers maupun pengendara motor harus siap sedia jas hujan.

Selain itu, ada beberapa istilah penting khusus pemotor apalagi di musim hujan. Tujuannya jelas, biar tak terjadi hal yang bisa bikin celaka.

Melakukan pengereman untuk mengurangi atau menghentikan laju motor saat jalan tergenang air tidak boleh sembarangan. Salah teknik atau perlakuan bisa mencium aspal.

Permukaan jalan digenangi air sehingga menyebabkan gejala mengambang atau aqua planning.
Tingkat kesulitan pengereman pada kondisi jalan ini lebih tinggi. Jelas karena traksi ban menurun drastis, terlebih pada kecepatan lebih tinggi. 

"Motor seakan melayang di atas permukaan jalan dan mudah kehilangan kendali. Saat benar-benar kritis, pengereman bisa dilakukan lewat teknik yang sama seperti pengereman saat hujan kecil," ucap Anggono Iriawan, Senior Manager Safety Riding & Motorsport PT Astra Honda Motor.

Loading...

Saat hujan, jangan melakukan pengereman hanya bertumpu di satu sisi. Kalau pengereman bertumpu di depan, motor gampang melintir. Sedangkan kalau hanya pakai rem belakang, bisa sliding. 

"Paling penting hindari agar ban tidak ngelock atau ngunci. Sambil berupaya mengarahkan motor ke tempat aman," kata Anggono.

Sumber: GridOto.com

Loading...
Loading...