Jumat, 26 Oktober 2018 08:00 WITA

Jangan Nekat Pindah Persneling di Tanjakan atau Turunan bagi Pengemudi Pemula

Editor: Adil Patawai Anar
Jangan Nekat Pindah Persneling di Tanjakan atau Turunan bagi Pengemudi Pemula

RAKYATKU.COM - Bagi pengemudi pemula, tentu banyak hal harus diperhatikan. Terlebih saat melintasi jalan dengan kontur naik turun. Apalagi sangat tidak terbiasa dengna kondisi jalan seperti itu.

Menurut Jusri Pulubuhu, Training Director Jakarta Defensive Driving Center (JDDC), untuk menahan laju kendaraan di jalan menurun, selain menggunakan rem lebih bagus ditambah dengan menggunakan engine brake.

"Menahan laju kendaraan dengan menempatkan posisi gigi yang lebih rendah. Namun demikian, perpindahan gigi jangan dilakukan saat mau turun atau menanjak. Tapi, lakukan di punggung bukit," jelas Jusri dilansir otosia.com.
 
Pria ramah ini melanjutkan, jika pengendara memindahkan perseneling di tanjakan atau turunan, maka akan kehilangan momentum.

"Banyak mobil atau truk yang kehilangan momentum, dan mundur nabrak orang lain atau masuk jurang," tambahnya.

Ketika berada diturunan dan melakukan perpindahan gigi, maka laju kendaraan akan lebih cepat. Dengan begitu, pasti akan menimbulkan beban yang berat pada rem.

Namun jika terpaksa harus memindahkan persneling, maka injaklah rem terlebih dahulu. Juga, jangan hanya menginjak kopling untuk pindah gigi.

Sebab, jika kopling diinjak, mobil akan meluncur lebih cepat. Maka tak heran jika karena hal seperti ini, kecelakaan sering terjadi di medan turunan ataupun tanjakan.

Loading...