Senin, 29 Oktober 2018 06:00 WITA

Biar Nyaman, Ini Cara Berkendara Saat Macet Pakai Skutik

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Biar Nyaman, Ini Cara Berkendara Saat Macet Pakai Skutik
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Kondisi lalu lintas di beberapa kota besar di Indonesia, memang cukup memprihatinkan. Kondisi padat alias macet, bisa membuat pengendara lebih cepat emosi dan stres.

Selain itu, kondisi lalu lintas yang padat juga bisa mempengaruhi usia komponen sepeda motor. Dengan kondisi seperti itu, cara berkendara pun sedikit berbeda dengan kondisi jalanan lancar. 

Hal tersebut, dirasakan oleh semua pengendara sepeda motor, khususnya bagi pengendara motor skuter matik (skutik) yang saat ini semakin mendominasi dan banyak digunakan di Indonesia.

Dilansir laman Liputan6, berikut tips berkendara dengan menggunakan skutik saat kondisi jalanan macet:

1. Perhatikan gas dan rem

Hal pertama yang wajib diperhatikan oleh Anda yang mengendarai motor matik adalah gas dan rem. Supaya rem bisa tetap awet, usahakan sebisa mungkin tidak menahan rem dan menarik gas pada saat yang bersamaan.

Jangan menekan rem dalam posisi gas terbuka. Kalau memang ingin menarik gas silakan gas, begitupun saat ingin menekan rem, gas ditutup terlebih dahulu. Kenapa? Karena kalau hal ini terus dilakukan, komponen kopling ganda tidak hanya berisiko rusak, risiko terbakar juga bisa terjadi.

Kebiasaan yang kurang baik ini juga bisa membuat piringan cakram menjadi lebih cepat habis (tipis).

2. Cukup gunakan dua jari saat mengerem

Ketika mengerem usahakan cuma ada dua jari yang melakukannya, yaitu jari telunjuk dan jari tengah. Ketiga jari sisanya bisa difungsikan untuk menahan badan saat melakukan rem mendadak. 

Untuk posisi tangan, sebaiknya lebarkan lengan dengan kemiringan 45 derajat supaya bisa menahan beban tubuh ketika Anda melakukan rem mendadaki.

Begitulah cara berkendara menggunakan motor matik ketika terkena kemacetan. Jika Anda ingin lebih nyaman lagi, usahakan jaga jarak aman dengan kendaraan di depan Anda.

Tags