Senin, 05 November 2018 03:00 WITA

Ini 5 Dampak Jika Menggunakan Suku Cadang Motor Palsu

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Ini 5 Dampak Jika Menggunakan Suku Cadang Motor Palsu

RAKYATKU.COM - Kebutuhan kendaraan roda dua di Indonesia semakin meningkat, sehingga menimbulkan dampak meningkatnya peredaran suku cadang palsu secara besar-besaran.

Secara kasat mata, sulit untuk membedakan suku cadang asli dengan suku cadang abal-abal. Sehingga dibutuhkan kejelian sebelum membeli produk, agar tak terjebak memperoleh barang palsu. Yang tentunya mengundang konsekuensi terhadap tunggangan, bahkan jiwa si pengendara sendiri. 

Konsumen disarankan membeli suku cadang di outlet resmi agar terhindar dari suku cadang abal-abal yang membahayakan keamanan dan keselamatan pengendara.

Dikutib laman Suara, berikut adalah lima dampak penggunaan suku cadang palsu menurut Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) yang dilansir bersama penyelenggaraan Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2018.

1. Kampas rem palsu bisa menyebabkan roda terkunci atau berhenti secara tiba-tiba ketika kendaraan R2 dibawa berkendara.

2. Cakram rem palsu bisa menyebabkan rem blong dan tidak pakem. Hal yang sangat berbahaya, jika pengemudi tengah berkendara dengan kecepatan tinggi.

3. Saringan oli palsu bisa mengakibatkan mesin macet dan merusak kinerja mesin. Pelumas mesin motor menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan, sebab mampu merusak mesin secara permanen.

4. Piston palsu mengakibatkan berkurangnya efisiensi penggunaan bahan bakar dan menyebabkan mesin macet secara tiba-tiba.

5. V-belt palsu bisa menyebabkan berkurangnya kemampuan berkendara secara tiba-tiba. Hal ini menyebabkan pengendara bisa kehilangan keseimbangan selagi berkendara.

Tags