Selasa, 20 November 2018 15:05 WITA

Toyota Nomor 1 pada Ajang Uji Keselamatan Tingkat ASEAN

Editor: Nur Hidayat Said
Toyota Nomor 1 pada Ajang Uji Keselamatan Tingkat ASEAN
Perwakilan dari Toyota, Rouli Sijabat selaku PR Manager PT Toyota-Astra Motor (kedua kiri) dan Santoso selaku Senior Officer TGA PT TMMIN (tengah) berfoto bersama dengan Khairil Anwar Abu Kassim selaku Secretary General ASEAN New Car Assesment Program (kiri), Shogo Sakai Chairman selaku Project General Manager Toyota Daihatsu Engineering & Manufacturing CO., LTD ASEAN NCAP (kedua kanan), dan Siti Zahara Osman (kanan) dalam acara ASEAN NCAP GrandPrix 2018.

RAKYATKU.COM, KARAWANG - Komitmen untuk selalu mengedepankan prinsip keselamatan melalui pengembangan kualitas dan kelengkapan safety feature kembali berhasil menempatkan produk Toyota di posisi nomor 1 pada ASEAN New Car Assesment Program for South East Asia Countries (ASEAN NCAP). 

Dalam ASEAN NCAP GrandPrix Award 2018 yang pelaksanaannya dilakukan setiap 2 tahun sekali ini, Toyota dinobatkan sebagai yang terbaik dan berhak mendapat gelar penghargaan ASEAN NCAP Excellent Award The Most 5 Star Brand (2017-2018). 

Penghargaan itu diberikan karena fitur keselamatan untuk pengemudi dan penumpang  yang disematkan pada mobil-mobil baru yang diluncurkan Toyota, paling banyak mendapatkan rating penilaian tertinggi atau 5 bintang NCAP dalam dua tahun berturut-turut, dibanding  merek-merek lain yang dipasarkan di Indonesia.

Selain itu, pada ajang yang pelaksanaannya bersamaan dengan ASEAN Automobile Safety Forum ke-10 (13-15 November 2018) di Karawang Jawa Barat ini, dua produk Toyota di segmen sedan dan SUV yaitu Toyota Vios dan Rush juga berhasil mendapat ASEAN NCAP Excellent Award untuk Continous Safety Improvement. 

Vios yang mengisi segmen Toyota sedan ini dinilai serius dalam upaya meningkatan perlindungan keselamatan karena pada 2018 berhasil meraih rating penilaian 5 bintang NCAP setelah sebelumnya di 2012 meraih 4 bintang NCAP.

Upaya yang sama juga dilakukan Rush sehingga pada 2018 ini juga meraih rating 5 bintang NCAP setelah sebelumnya di 2014 lalu memperoleh rating penilaian 4 bintang. 

Sementara Toyota C-HR yang baru diluncurkan di Indonesia awal tahun ini juga sukses meraih ASEAN NCAP untuk kategori Best Adult Occupant Protection (AOP) Award dengan rating penilaian 5 bintang setelah sebelumnya di Mei 2018 lalu juga telah meraih penilaian tertinggi NCAP untuk kategori perlindungan pengemudi dan penumpang anak-anak (Child Occupant Protection/COP).

Selain mendapat pengakuan resmi sebagai merek yang memiliki rating keselamatan tertinggi, penghargaan ASEAN NCAP GrandPrix 2018 lainnya yang berhasil diraih ini menunjukkan bahwa Toyota dengan semangat Kaizen-nya senantiasa berkomitmen memprioritaskan unsur safety bagi mobil-mobil yang diproduksinya. 

"Melakukan improvement terhadap produk dan fitur keselamatan pada setiap mobil baru yang diluncurkan ke pasar adalah bagian nilai tradisi Kaizen yang senantiasa kami pegang di Toyota. Kami bersyukur, apa yang kami lakukan tersebut mendapat apresiasi yang tinggi  dari berbagai kalangan termasuk dari ASEAN NCAP. Memberikan perlindungan keselamatan yang optimal bagi pengemudi dan penumpang mobil adalah wujud semangat kami menghadirkan Ever Better Cars  kepada pelanggan” kata President Director PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto, dalam siaran pers kepada Rakyatku.com, Selasa (20/11/2018).

New Car Assessment Program (NCAP) merupakan program penilaian terhadap perlindungan keselamatan bagi  pengemudi dan penumpang dari sebuah mobil baru.  ASEAN NCAP GrandPrix Award yang pelaksanaannya dilakukan setiap 2 tahun sekali ini bertujuan untuk memberikan penghargaan atas pencapaian prestasi yang tinggi dalam memperhatikan aspek keselamatan dari mobil-mobil yang dipasarkan di Kawasan ASEAN. 

Selain penilaian terhadap kendaraan (vehicle assesment) yang menjadi nominasi, ASEAN NCAP Grand Prix  juga memberikan penilaian terhadap keunggulan riset dan penerapan teknologi keselamatan yang dilakukan serta diterapkan untuk mobil-mobil nominasi. 

Serangkaian uji tabrak (crash test) dilakukan terhadap mobil-mobil nominasi untuk mengetahui tingkat perlindungan terhadap keselamatan pengendara dan penumpang dewasa (AOP), pengendara dan penumpang anak-anak (COP), serta kelengkapan perangkat pendukung  keselamatan (safety assist) yang dimiliki.

Wujudkan Peace of Mind dalam Berkendara

PT Toyota-Astra Motor (TAM) sendiri terus berupaya agar mobil-mobil yang dijualnya bisa mendapatkan rating penilaian NCAP yang tertinggi. Penghargaan ASEAN NCAP GrandPrix 2018 Award untuk kategori Best AOP yang diraih Toyota C-HR telah menambah deretan mobil-mobil Toyota yang sebelumnya juga telah meraih rating penilaiaan NCAP tertinggi tersebut.

Sebelumnya dalam ajang serupa yang digelar pada 2016, 5 mobil Toyota sukses mendominasi perolehan penghargaan ASEAN  NCAP Grand Prix untuk kategori Vehicle Assesment Award. Selain Toyota Agya yang berhasil meraih predikat Best COP dan Best AOP, serta Rush dengan predikat Best COP,  penilaian rating 5 bintang NCAP juga sukses diperoleh Toyota Sienta dengan predikat Best AOP, Kijang Innova Best COP, serta Hilux untuk Best COP.

Berbagai penyempurnaan terus dilakukan Toyota untuk menyesuaikan dengan kebutuhan konsumen. Improvement juga memberikan peace of mind sekaligus keamanan dan keselamatan serta kenyamanan berkendara bagi para penumpang mobil Toyota.  

“Sejalan dengan semangat Let's Go Beyond, kami senantiasa menerapkan semangat continous improvement Toyota untuk selalu memberikan yang lebih baik kepada pelanggan dimana Toyota tetap memprioritaskan unsur keamanan dan keselamatan dalam berkendara, termasuk menghadirkan fitur-fitur keselamatan dan kenyamanan agar pelanggan mendapatkan kepuasan melebihi ekspektasi mereka," kata Executive General Manager PT Toyota-Astra Motor (TAM) Fransiscus Soerjopranoto.