Jumat, 23 November 2018 16:20 WITA

Mengenal Poltrac, Komunitas Trail yang Beranggotakan para Senior

Penulis: Syukur
Editor: Abu Asyraf
Mengenal Poltrac, Komunitas Trail yang Beranggotakan para Senior
Komunitas Poltrac

RAKYATKU.COM - Trail adventure semakin hari semakin banyak diminati warga. Tak hanya dari kalangan pemuda, yang telah berusia lanjut pun masih tertarik dengan olahraga yang tergolong ekstrem ini. 

Perempuan pun telah banyak ikut menjelajahi alam Indonesia dengan motor trail. Dengan semakin banyaknya warga yang hobi trail adventure, di daerah pun terdapat komunitas trail adventure. 

Tidak selalu hanya oleh anak muda dan motor trail jenis baru. Namun juga oleh orang yang telah tua dan komunitas trail lawas atau trail tua.

Seperti di Kabupaten Takalar, tak hanya satu namun beberapa komunitas trail telah terbentuk dan menunjukkan eksistensinya. Salah satunya adalah Polongbangkeng Trail Community (Poltrac) Takalar.

Usia Poltrac masih sangat muda. Poltrac secara resmi dibentuk pada 10 November 2017 tahun lalu. Cikal bakal terbentuknya pun didasarkan dengan hobi menunggangi kuda besi oleh tiga orang penduduk Kabupaten Takalar. Ketiga warga Takalar tersebut berasal dari Polongbangkeng, di antaranya Hisman, Daeng Bundu dan Daeng Nanggong.

"Awalnya kita sering main bareng dan berkumpul. Hingga akhirnya kami bertiga punya gagasan buat organisasi agar bisa lebih terorganisasi," ungkap Hisman, ketua Poltrac Takalar.

Tak ingin sekadar hobi atau sekadar bikin komunitas Trail Adventure angggota Poltrac ternyata ingin tumbuh dan besar. Semangat pahlawan mengalir di dalam sanubari para crosser Poltrac Takalar. Menjalin silaturahmi dengan sesama komunitas trail pun menjadi prioritas yang ditanamkan kepada semua crosser Poltrac Takalar. 

"Moto kami kebersamaan dan solidaritas. Nama Poltrac lahir dari pahlawan Polongbangkeng, H Pajonga Dg Ngalle. Poltrac pun secara resmi dibentuk bertepatan dengan Hari Pahlawan," tambahnya.

Meski tergolong baru, sepak terjang crosser Poltrac Takalar tak diragukan lagi. Event trail di berbagai daerah pun telah diikuti. Selain untuk menunjukkan eksistensinya event trail pun dijadikan ajang silaturahmi antara sesama pecinta trail adventure. 

"Poltrac sudah pernah ikut di berbagai event trail. Seperti event trail di Kabupaten Soppeng, Kabupaten Pinrang, Kabupaten Gowa, Kabupaten Bulukumba, Kabupaten Jeneponto dan di tempat lain," bebernya.

Mengenal Poltrac, Komunitas Trail yang Beranggotakan para Senior

Silaturahmi Diutamakan

Menjadi komunitas yang tunbuh besar disadari para crosser Poltrac bukan hal yang mudah. Olehnya itu, kekompakan tim selalu dipupuk secara internal. Untuk menjaga kekompakan tim, setiap pekan para crosser Poltrac berkumpul dan latihan bersama.
 
"Kami selalu latihan bersama, tiap minggu dan itu rutin dilakukan. Kami juga bertukar pikiran dan berbagi pengetahuan yang dilakukan secara santai dan di tempat terbuka jika kita beristirahat di jalur latihan," ungkap Hamsi.

Untuk menjalin silaturahmi crosser Poltrac dan Komunitas trail lainnya, latihan bersama pun telah dilakukan. Latihan bersama dilaksanakan di Polongbangkeng Utara, sekitar pabrik gula Takalar pada Minggu (18/11/2018). Jalur tempuh latihan bersama dengan komunitas trail lainnya pada saat itu sekitar 14 kilometer.
 
"Itu kegiatan rangkaian hari lahir Poltrac yang pertama. Panjang jalur sekitar 14 kilometer. Lumayan untuk memacu adrenalin karena ada jalur yang berlumpur, tanjakan, pegunungan, sawah termasuk sungai juga ada. Kita juga ada pengundian hadiah kecil-kecilan dan acara karaokean," tambahnya.

Tak hanya latihan trail adventure bersama dalam rangkaian anniversary, bakti sosial (Baksos) pun dilakukan. Baksos ini berupa pemberian bantuan kepada warga yang berada di sekitar jalur latihan.

"Kita tetap jaga hubungan baik dengan warga di sekitar jalur yang biasa dilewati. Kita tak ingin kesannya hanya numpang lewat saja. Kita juga ingin berbagi meskipun hanya alakadarnya," tambahnya.