Senin, 03 Desember 2018 05:00 WITA

Trik Bikin Mobil Tetap Kinclong saat Musim Hujan

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Trik Bikin Mobil Tetap Kinclong saat Musim Hujan
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Saat musim hujan tiba, para pemilik kendaraan akan direpotkan dengan kehadiran kotoran dari air genangan dan lumpur yang biasa bertebaran di jalan. 

Selain itu, air hujan yang mengandung asam dan polusi dapat menyebabkan jamur dan karat pada lapisan cat mobil. Untuk mengatasinya, mereka bisa mengunjungi salon mobil. 

Namun, hal itu tidak akan ramah untuk kantong, terutama jika dilakukan secara rutin setiap hari. Alternatifnya, Anda bisa melakukan perawatan sendiri di rumah saat akhir pekan.

Trainer Sonax Indonesia, Mochamad Edy mengatakan, merawat sendiri kendaraan bukan perkara yang susah. Yang terpenting, Anda mengetahui dasar-dasarnya, yang terbagi menjadi lima langkah; mencuci, claying, polish, protection dan maintenance.

Saat mencuci, sebaiknya air mengandung kadar keasaman Ph 7 atau netral dan tidak mengandung mineral. Jika hal itu tidak bisa dilakukan, maka gunakan produk sampo yang bisa menetralisir Ph air.

Langkah yang kedua yakni claying. Langkah ini disarankan dilakukan satu bulan sekali. Fungsinya untuk membersihkan cat dari oksidasi, getah pohon dan bahkan jamur.

“Caranya mudah, gosok cat dengan clay bar dan semprotkan lubrikasi. Cat akan bebas dari polusi dan menjadi halus,” kata Edy, dikutib Viva.

Langkah ketiga adalah polish, yakni untuk menghilangkan baret halus dan kusam pada kendaraan. Pada umumnya, baret halus diakibatkan oleh proses pencucian yang salah.

Langkah selanjutnya adalah proteksi atau perlindungan permukaan cat, menggunakan teknik coating atau wax. Coating pada umumnya banyak ditawarkan oleh salon mobil, namun biayanya tidak murah.

Terakhir, kendaraan harus tetap dijaga kondisi catnya. Caranya, gunakan produk perawatan cat yang banyak tersedia di toko aksesori kendaraan.