Kamis, 06 Desember 2018 07:30 WITA

Mobil Kodok Ala Hitler, Tak Kenal Usia hingga Generasi Ketiga

Penulis: Syukur
Editor: Abu Asyraf
Mobil Kodok Ala Hitler, Tak Kenal Usia hingga Generasi Ketiga
Generasi pertama VW Beetle

RAKYATKU.COM – Volkswagen atau VW merupakan kendaraan roda empat yang diproduksi di masa kepemimpinan Adolf Hitler. VW Beetle atau yang lebih dikenal dengan VW kodok adalah mobil yang memiliki sejarah panjang terutama ketika proses menciptakannya. 

VW Beetle diciptakan dari inisiatif yang dicetuskan oleh Adolf Hitler yang pada saat itu menginginkan adanya mobil dengan harga murah untuk rakyatnya. Hitler pun meminta seorang insinyur kenamaan Jerman bernama Ferdinand Porsche beserta timnya untuk mempersiapkan segala aspek teknis untuk produksi pada tahun 1934.

Semenjak diciptakan VW Beetle telah memiliki tiga generasi yang memiliki masa yang berbeda-beda. Meski telah diproduksi sejak puluhan tahun lalu VW Beetle masih saja memiliki penggemar. Dikutip dari Liputan6.com, berikut generasi VW Beetle, mobil rakyat ala Hitler dari masa ke masa.

Generasi ke-1

VW Beetle mulai diproduksi pada tahun 1938 setelah dilakukan persiapan hampir empat tahun. VW Beetle yang memiliki nama resmi Volkswagen Type 1 tetap mempertahankan desain klasik pertamanya hingga tahun 1998. Sekitar 65 tahun menggunakan desain generasi pertama, VW Beetle telah diproduksi sebanyak 21 juta unit dan dipasarkan ke berbagai penjuru dunia termasuk ke Indonesia.

Generasi ke-2

Mobil Kodok Ala Hitler, Tak Kenal Usia hingga Generasi Ketiga

Pada generasi kedua VW memproduksi New Beetle. Generasi kedua ini mulai diproduksi pada tahun 1998 dengan tampil lebih. Meski telah didesai dan terbaru, New Beetle tetap mempertahankan siluet bentuk khas Beetle yang telah lama melekat. Generasi kedua ini tidak bertahan lama seperti pada generasi pertama. New Beetle berakhir pada tahun 2011 setelah mampu bertahan selama 13 tahun.

Generasi ke-3

Mobil Kodok Ala Hitler, Tak Kenal Usia hingga Generasi Ketiga

Generasi ketiga VW Beetle mulai diproduksi dari tahun 2011 lalu.

Sejak diluncurkan pertama kali, hingga kini VW Beetle tetap menjadi salah satu jenis kendaraan roda empat yang masih memiliki penggemar. VW Beetle sukses memikat penggemarnya baik yang telah berusia tua ataupun masih muda. VW Beetle pun memiliki komunitas di berbagai daerah. Di Indonesia komunitas mobil klasik jenis ini terdapat di berbagai kabupaten/kota.

Dengan jumlah yang telah minim, VW Beetle menjadi buruan para penggemar kendaraan klasik. Selain digunakan untuk santai, kendaraan ini juga kerap meramaikan kontes modifikasi. Bahkan tak jarang VW Beetle menjuarai berbagai kontes di belahan dunia.

Berita Terkait