Kamis, 13 Desember 2018 09:50 WITA

Proton Malaysia Bangkit Kembali, Luncurkan SUV X70

Editor: Suriawati
Proton Malaysia Bangkit Kembali, Luncurkan SUV X70
Proton X70

RAKYATKU.COM - Pembuat mobil Malaysia, Proton meluncurkan SUV pertamanya pada hari Rabu (12/12/2018) lebih dari setahun setelah perusahaan China Geely Holding Group Co. Ltd. membeli saham utama di perusahaan tersebut.

Proton X70 diluncurkan oleh Perdana Menteri Mahathir Mohamad dan menyatakan harapan pemulihan Proton.

Kendaraan ini didasarkan pada kendaraan Geely, Boyue, yang merupakan salah satu SUV terlaris di China.

Harganya mulai dari 99.800 ringgit hingga 123.800 ringgit, membuatnya kompetitif dengan merek Jepang dan Korea Selatan.

Dalam peluncuran pada hari Rabu, Proton mengatakan bahwa X70 adalah kendaraan pertama yang dikembangkan bersama dengan Geely, yang akan membantu mengubah persepsi tentang mereknya.

Pemesanan mobil telah dibuka pada bulan September, dan perusahaan mengklaim telah menerima lebih dari 10.000 pesanan.

Proton didirikan pada 1983 sebagai bagian dari dorongan industrialisasi Malaysia. Ini pernah menjadi raja jalan-jalan negara itu, tapi penjualannya menderita karena meningkatnya persaingan.

Proton diprivatisasi pada 2012 dan pemilik barunya, konglomerat DRB-Hicom Berhad, menjual 49,9 persen sahamnya kepada Geely pada Juni tahun lalu setelah gagal menghidupkan kembali produsen mobil.

Geely, yang juga memiliki mobil Swedia Volvo, mengatakan pada tahun lalu akan menyuntikkan $40 juta ke Proton sebagai bagian dari pembelian sahamnya.

Geely adalah salah satu merek mobil independen terbesar China. Didirikan pada tahun 1986 sebagai produsen lemari es, perusahaan ini mulai memproduksi sepeda motor pada 1990-an dan meluncurkan mobil pertamanya pada tahun 2002. Ia membeli Volvo dari Ford Motor Co pada tahun 2010.