Jumat, 14 Desember 2018 06:30 WITA

Berlibur di Musim Hujan, Perhatikan komponen Mobil Ini Sebelum Jalan

Editor: Adil Patawai Anar
Berlibur di Musim Hujan, Perhatikan komponen Mobil Ini Sebelum Jalan

RAKYATKU.COM - Menjelang Natal dan tahun baru biasanya dimanfaatkan oleh sebagian masyarakat Indonesia untuk berlibur ke luar kota bersama keluarga, teman atau kerabat dekat. Ada yang menggunakan transportasi umum sampai kendaraan pribadi.

Mengisi liburan akhir tahun di mana saat ini curah hujan cukup tinggi, perlu kewaspadaan ekstra saat berkendara jauh. Nah, sebelum melakukan perjalanan, sebaiknya lakukan pengecekan terhadap kendaraan yang akan digunakan.

PT Honda Prospect Motor (HPM) pun memberi beberapa tips bagi pemilik mobil yang akan melakukan perjalanan jauh untuk mengisi liburan akhir tahun. Menurut HPM ada hal yang wajib dilakukan pemilik mobil seperti memeriksa beberapa komponen mobil, yang mencakup:

Mesin
“Pastikan ketinggian level oli mesin berada tepat di antara indikator min dan max, dan pastikan ketinggian level cairan pendingin pada reservoir sesuai standar. Lalu pastikan juga ketinggian level minyak rem dan minyak power steering sesuai standar,” ujar pihak Honda dilansir otosia.com, Rabu (12/12) .

Masih terkait mesin, pastikan aki dalam kondisi baik dan tidak ada kotoran yang menempel pada terminal aki. Tidak lupa cek kondisi drive belt dan pastikan dalam keadaan baik, tidak retak. Pastikan kipas radiator berfungsi dengan semestinya.

Karena musim hujan, pandangan jadi terbatas, nah periksa kembali air tabung wiper apakah cukup atau tidak. Jika kurang segera dicukupi. Cek apakah ada rembesan oli di area mesin dan pipa A/C. Jika bocor, akan terlihat debu menempel dan permukaannya basah.

Ruang kabin
Di bagian dalam kendaraan juga tak kalah pentingnya untuk diperiksa. Misalnya, Anda harus memastikan indikator pada gauge tidak menunjukkan ada masalah. Lalu pastikan ban cadangan tersedia dan tekanannya sesuai standar. Pastikan tool & emergency kit tersedia lengkap.

Loading...

“Untuk peringatan kepada pengemudi lain, perlu pastikan juga klakson dapat beroperasi dan cek hembusan udara pada A/C. Lainnya, saat mesin dinyalakan, pastikan pedal rem terasa ringan saat diinjak,” papar pihak Honda.

Eksterior
Pada sektor ini, periksa lampu-lampu kendaraan. Pastikan semua lampu, baik interior maupun eksterior berfungsi dengan baik.

Cek semua komponen kelistrikan seperti wiper, A/C, audio, power mirror, power window, dan pastikan berfungsi dengan baik. Begitu juga kaki-kaki, pastikan tekanan ban masih sesuai standar dan alur ban masih terlihat jelas.

Saat perjalanan jauh
Saat tengah melakukan perjalanan jarak jauh, ada beberapa hal yang harus diperhatikan di sepanjang perjalanan untuk keselamatan penumpang dan pengendara, yaitu pastikan pengendara mendapat visibilitas yang luas pada jalan di depan Anda

Hal penting lain, pegang setir Anda dengan benar, yakni dengan meletakkan tangan kiri di posisi jarum jam 9 dan meletakkan tangan kanan di arah jarum jam 3. Gunakan sabuk pengaman, dan pastikan kaca spion di bagian tengah mobil membuat Anda mendapat visibilitas yang cukup terhadap jalan di belakang.

Demi keamanan dan keselamatan, jangan memainkan handphone saat berkendara. Terakhir, ikuti batas kecepatan yang ada para rambu lalu lintas, apalagi saat jalanan basah.

Loading...
Loading...