Sabtu, 15 Desember 2018 01:30 WITA

Jangan-jangan Posisi Kami Kamu Salah saat Melakukan Pengereman di Mobil

Editor: Nur Hidayat Said
Jangan-jangan Posisi Kami Kamu Salah saat Melakukan Pengereman di Mobil
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Salah satu aspek berkendara yang perlu Anda kuasai adalah teknik pengereman.

Selain cara pengereman yang aman, ada juga hal yang harus Anda perhatikan. Yaitu adalah posisi kaki Anda ketika melakukan pengereman.

"Posisi kaki yang benar pada area pedal adalah tungkai kaki sejajar dengan pedal rem dan menjadi titik tumpu pergerakan kaki antara pedal rem dan pedal gas," tegas Adrianto Sugiarto Wiyono, Intruktur Indonesia Defensive Driving Center (IDDC) dikutip GridOto.com.

Jika ingin menekan pedal gas, maka Anda tinggal miringkan ruas kaki ke pedal gas tanpa memindahkan tungkai kaki dari posisi semula.

Pada saat melakukan pengereman Anda tinggal luruskan kembali ruas kaki ke pedal rem.

"Tidak diperkenankan memindahkan posisi atau mengangkat tungkai kaki pada setiap menginjak gas dan menginjak rem," ujar Adrianto.

Loading...

Alasannya bila kaki diangkat, bukan dimiringkan dan diluruskan akan memperlambat respons ketika ada pengereman mendadak.

Pada saat menginjak rem, gunakan area jari-jari kaki Anda. Fungsinya untuk mempermudah Anda untuk merasakan besaran tekanan rem ketika menginjak pedal rem.

Sehingga Anda bisa memperkirakan seberapa besar tekanan rem yang dibutuhkan ketika menginjak pedal rem.

"Jangan gunakan area telapak, karena bisa saja Anda tidak merasakan tekanan rem namun ternyata mobil mengerem terlalu mendadak," jelas Adrianto.

Loading...
Loading...