Senin, 17 Desember 2018 06:00 WITA

Cara Merawat Motor Matik saat Musim Hujan

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Cara Merawat Motor Matik saat Musim Hujan
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Sejumlah daerah di Indonesia kini sudah memasuki musim hujan. Jika sudah masuk musim ini, ada satu tambahan pekerjaan yang harus dilakukan pemilik sepeda motor

Kebiasaan merawat motor biasanya semakin rutin. Namun, jangan hanya mencuci motor karena kotoran yang menempel akibat cipratan air hujan, melainkan merawat mesin motor.

Untuk kamu pemilik motor matik ada satu tambahan lagi rutinitas yang harus diperhatikan. Sebaiknya, kamu mulai memanaskan motor setiap kali akan digunakan dengan menggunakan kick starter.

Kebiasaan ini sangat bermanfaat dilakukan setiap musim hujan karena aki akan semakin cepat bekerja.

Dilansir laman Federaloil, Senin (17/12/2018), perhatikan juga putaran mesin. Biasakan mengendari motor matik dengan laju putaran mesin matik berada di 170 rpm.

Loading...

Jika semua sudah dilakukan, kamu jangan lupa melakukan perawatan di bengkel servis setiap dua bulan dan mengganti oli mesin setiap 4 ribu km.

Kamu juga harus sering membersihkan CVT dan saringan udara motor matik saat musim hujan. Di CVT ada kabel sirkulasi udara yang menyebbabkan debu dan air masuk. Pembersihan perlu dilakukan setiap 15 ribu km di bengkel resmi.

Selain membersihkan CVT dan saringan udara, kamu juga harus memperhatikan tekanan angin ban. Jangan sampai terlalu keras atau terlalu kendor.

Loading...
Loading...