Senin, 24 Desember 2018 05:00 WITA

AC Mobil Bisa Bermasalah Hanya karena Hal Sepele Ini

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
AC Mobil Bisa Bermasalah Hanya karena Hal Sepele Ini
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Kenyamanan di dalam kabin mobil ditentukan oleh beragam faktor, salah satu yang cukup penting adalah sistem kerja AC yang sehat. 

Namun begitu, tak banyak pemilik mobil yang tahu jika AC bisa mengalami masalah. Bahkan, akar masalah pada AC disebabkan hal sepele.

Rupanya, yang sering membuat AC mobil bermasalah yaitu mematikan atau menghidupkan AC secara mendadak. Maka inilah yang menjadi salah satu penyebab AC mobil tidak awet alias tahan lama.

“Pada saat keadaan rpm tinggi, putaran kompresor juga sangat tinggi. Apabila AC mobil tiba-tiba dimatikan, maka kompresor mobil tiba-tiba akan menanggung beban yang cukup besar,” tulis situs bengkel AC Rotary Bintaro, dilansir Liputan6, Senin (24/12/2018).

Selain itu, jika AC mobil tiba-tiba dimatikan, maka kondisi ini juga akan menyebabkan terjadinya gesekan yang berada dalam bagian AC mobil.

Dengan kebiasaan tersebut, tidak menutup kemungkinan AC mobil akan cepat rusak. Terutama komponen yang memang sangat sensitif, seperti beberapa bagian menjadi mudah bocor, aus, atau rusak, sehingga harus diganti dengan komponen yang baru.

Loading...

Masalah lain yang sering terjadi pada AC yaitu debu dan kotoran masuk ke lubang filter. Sadar atau tidak, hal ini terjadi karena sering kali membuka kaca mobil secara tiba-tiba pada saat AC dihidupkan.

“Debu dan kotoran yang ada di luar sana tentu akan masuk ke dalam kabin dan terserap oleh filter kabin. Debu yang masuk tidak hanya menempel di bagian filter kabin saja. Namun, juga pada blower dan komponen lainnya sehingga sirkulasi udara pada AC mobil menjadi tidak lancar,” terangnya.

Selain itu, kebiasaan merokok di dalam mobil juga menjadi penyebab lainnya. Asap dari puntung rokok yang diserap oleh filter kabin nantinya akan lengket dan menjadi sangat sulit dibersihkan.

Tidak hanya itu, jika asap yang menempel terlalu banyak, filter kabin perlu diganti dengan filter baru agar AC mobil kembali menghembuskan udara dingin.
 

Loading...
Loading...