Senin, 04 Februari 2019 05:00 WITA

Mau Ban Mobil Tetap Awet, Simak 7 Tips Berikut Ini

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Mau Ban Mobil Tetap Awet, Simak 7 Tips Berikut Ini
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Band merupakan salah satu komponen penting dari sebuah kendaraan. Pasalnya, ban satu-satunya bagian dari mobil kesayangan yang bersentuhan langsung dengan aspal atau jalan.

Namun masalahnya, meski penting, ban kerap luput dari pemeriksaan. Padahal, kamu tidak perlu bersusah payah dalam proses perawatannya. Nah, ingin ban mobil kamu jadi lebih tahan lama? Dilansir Liputan6, berikut tujuh tips mudah merawat ban mobil.

1. Perhatikan Ukuran Ban

Kamu juga wajib memperhatikan jenis dan ukuran ban mobil. Yang perlu kamu ketahui, ban mobil jenis citycar tentu akan memiliki jenis dan ukuran ban yang berbeda dengan mobil berjenis MPV.

Pastikan kamu menggunakan ban yang sesuai dengan ukuran dan indeks ban yang dianjurkan untuk kendaraan kamu.

2. Periksa Keseimbangan Ban Mobil 

Tidak berhenti sampai di situ, agar ban mobil tahan lama, kamu juga wajib melakukan spooring dan balancing. Hal tersebut juga harus dilakukan secara berkala untuk memastikan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan saat berkendara.

Spooring dan balancing bisa dilakukan setiap pergantian ban baru, rotasi ban, atau jika ban bergetar pada saat mencapai kecepatan tertentu serta adanya gejala kemudi mobil menarik ke arah kanan atau kiri pada saat berkendara.

3. Periksa Tekanan Angin Ban Mobil 

Memeriksa tekanan angin ban jadi salah satu tips merawat ban mobil agar tahan lama, terlebih lagi buat kamu yang akan bepergian jauh dengan menggunakan mobil. Lakukan pemeriksaan secara berkala, paling tidak sebulan sekali. Pastikan tekanan angin ban mobil kamu sudah sesuai dengan yang direkomendasikan, tidak kurang dan tidak lebih.

Tidak main-main, ban mobil yang kurang angin bisa menyebabkan masalah cukup serius. Jika tekanan ban mobil kurang, maka hal tersebut akan mengakibatkan penggunaan BBM yang meningkat.

Sementara jika tekanan ban mobil terlalu keras, permukaan ban mobil akan menjadi lebih cepat halus sehingga sangat membahayakan kamu dan pengguna jalan lainnya.

Loading...

4. Merotasi Ban Mobil 

Selain memeriksa tekanan angin, merotasi ban mobil juga jadi salah satu hal yang kerap dilupakan oleh banyak orang. Merotasi ban mobil dilakukan untuk memperpanjang umur pemakaian ban.

Ban depan mobil akan lebih rentan terjadi gesekan dan menyebabkan lebih cepat botak. Nah, sebelum permukaan ban rata, lebih baik kamu merotasi ban depan dengan ban belakang. Kamu bisa melakukan rotasi ban setiap 7.500 hingga 10.000 kilometer.

5. Rajin Melakukan Pengecekan Visual 

Kamu juga wajib melakukan pengecekan visual secara teratur dan tidak perlu ke bengkel untuk melakukan hal ini. Jika terdapat benjolan atau sayatan pada dinding ban, kamu perlu waspada. Sebab, hal itu bisa berakibat mengurangi daya tahan ban. Bahkan, kemungkinan terburuknya adalah ban mobil kamu bisa meledak.

6. Tutup Pentil Ban Selalu Terpasang 

Sama seperti tekanan angin, tutup pentil juga termasuk hal sederhana yang sering kali dilupakan. Entah karena kamu kurang teliti atau memang sedang terburu-buru sehabis mengisi angin ban, tak jarang kamu lupa untuk memasang kembali tutup pentil ban.

Sebelum mulai mengemudi, pastikan tutup pentil ban sudah terpasang. Sebab, mengemudikan mobil dengan ban tanpa penutup pentilnya akan mengakibatkan ban mengalami kebocoran dan bisa mengurangi tekanan ban mobil kamu.

7. Bawa Barang Secukupnya 

Tips merawat ban mobil agar tahan lama selanjutnya adalah membawa barang sesuai dengan anjuran dan tidak berlebihan. Beban yang berlebihan bisa mengakibatkan ban mobil jadi cepat rusak.

Kamu perlu memperhatikan kode pada bagian ban. Kode tersebut biasanya berisi keterangan seberapa berat beban yang bisa ditahan ban mobil kamu. Jadi, jangan memaksakan ban mobil kamu untuk menahan beban yang berlebih.

Loading...
Loading...